Langkah Pertama yang Dilakukan Saat Pasangan Ketahuan Selingkuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi selingkuh. Shutterstock

Ilustrasi selingkuh. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Biasanya seorang suami atau istri merasa kaget atau panik ketika menduga atau mengetahui pasangannya melakukan perselingkuhan. Marah sudah pasti. Namun tidak jarang, mereka yang pasangannya berselingkuh tidak tahu persis apa yang sebaiknya harus dilakukan, apalagi bila persoalan itu terjadi secara mendadak.

Psikolog Rahmi Dahnan mengatakan meski sudah memiliki bukti kuat dari foto, percakapan media sosial dan sebagainya, sebaiknya tidak langsung memastikan telah terjadi perselingkuhan. Langkah pertama yang sebaiknya dilakukan oleh suami atau istri adalah mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada pasangannya agar dugaan tersebut tidak keliru.

Artikel lainnya:
3 Proses Baikan dengan Pasangan yang Selingkuh
Kasus Pelakor, Ketahui Alasan Perselingkuhan Tak Boleh Dilakukan

Namun jika ia sudah yakin, apalagi sudah mendapat konfirmasi dari pasangannya bahwa sudah terjadi perselingkuhan maka harus segera dibicarakan berdua dengan pasangannya. Suami atau istri perlu berkomunikasi langsung kepada pasangan dan bertanya apa yang diinginkan pasangannya untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Ilustrasi selingkuh. shutterstock.com

Kadang memang komunikasi tersebut tidak menemui jalan keluar, sehingga suami atau istri butuh orang lain untuk berkonsultasi atau curhat. Dan jika hal itu dilakukan, Rahmi Dahnan menyarankan agar orang yang paling tepat diajak bicara adalah pihak keluarga dari pasangannya. "Cari orang yang dianggap paling bisa dipercaya, seperti orang tuanya, saudara kandung atau yang lain. Yang pasti dia dianggap bisa dipercaya," ujarnya. 

Suami atau istri yang pasangannya berselingkuh tidak perlu terlebih dulu bercerita kepada pihak keluarga sendiri karena biasanya keluarga sendiri akan langsung memarahi pasangannya. Karena itu akan lebih baik bercerita dan meminta pendapat kepada pihak keluarga dari pasangan terlebih dulu.

Baca juga: Sebab Selingkuh Itu Menyenangkan dan Bikin Kecanduan

Kendati demikian, dia lebih menyarankan agar sedapat mungkin masalah ini tetap diselesaikan berdua, secara internal suami dan istri. "Sebaiknya sih memang jangan terbuka dulu ke mana-mana, karena kadang-kadang pasangan suami-istri sudah baikan, tapi malah pihak keluarga atau orang di luar rumah tangga sendiri, merasa masalahnya belum selesai," ujar Rahmi.

BISNIS

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."