3 Proses Baikan dengan Pasangan yang Selingkuh

Ilustrasi selingkuh. shutterstock.com

cinta

3 Proses Baikan dengan Pasangan yang Selingkuh

Rabu, 18 April 2018 08:30 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Perselingkuhan menjadi salah satu masalah besar ketika menjalin hubungan. Dan ketika pasangan kedapatan selingkuh, ingin rasanya mengakhiri semua ini, namun apa jadinya jika masih sayang.

Baca juga:Sebab Selingkuh Itu Menyenangkan dan Bikin KecanduaKenapa Pelakor Lebih Dibenci dari Suami Selingkuh, Tiada Ampun

Kalau kamu memutuskan untuk memaafkan pasangan yang berselingkuh, maka berbesar hatilah untuk menerimanya kembali tanpa pretensi apapun, misalnya balas dendam. Memang tidak mudah memaafkan dan melupakan luka di hati yang sudah tergores. Namun jika dia menunjukkan kesungguhan dan kembali berkomitmen membangun hubungannya denganmu, maka jadikanlah itu semangat agar kalian lebih baik lagi.

Ketika dia berusaha menjadi pasangan yang baik, maka kamu pun harus menunjukkan sikap yang hangat dan dinginkan hati yang marah karena diduakan. Mengutip Women’s Health, berikut 3 proses yang dapat kamu lakukan untuk kembali membangun hubungan yang bahagia pasca-pasangan berselingkuh.

1. Beri waktuDirektur Layanan Konseling di Utah, Amerika Serikat, Michael Boman mengatakan kamu dan dia perlu waktu untuk sendiri setelah perselinkuhan terungkap. Waktu pendinginan yang terjadi selama beberapa minggu ini bisa digunakan untuk kembali ke titik nol dalam hubungan kalian.

Artikel lainnya:Zodiak yang Berpotensi Selingkuh Paling Tinggi

"Pastinya akan sulit membangun kemesraan seperti dulu. Betapa hancur hati saat mengetahui pasangan selingkuh, tapi kamu tidak harus mengakhiri hubungan," ujar Michael Boman. "Ingat, waktu adalah obat terbaik untuk hubungan yang terluka."

2. Bicarakan apa masalah satu sama lainPerselingkuhan paling sering disebabkan karena merasa hubungan emosional mulai pudar dan kebutuhan lain yang tidak terpenuhi. Ditambah lagi dengan stres, kebosanan, merasa harga diri rendah, kecanduan seks, kebencian, dan konflik yang belum terselesaikan juga dapat menjadi faktor penyebab selingkuh. Kini saatnya kamu jujur kepada diri sendiri dan pasangan tentang apa yang menjadi pemicu perselingkuhan.

3. Maafkan dengan tulusYang ini mudah dikatakan, tapi sulit untuk dilakukan. Tapi tanpa memaafkan dengan tulus, maka hubungan kalian tak akan pernah berjalan dengan baik. Satu saat nanti salah satu di antara kalian akan kembali mengungkit kesalahan di masa lalu dan perpisahan sangat mungkin terjadi. Memaafkan dan menerima apa adanya adalah landasan baru dalam hubungan pasca-perselingkuhan.