Melaney Ricardo Sukses Berhenti Merokok, Ada 2 Kuncinya

Melaney Ricardo. Instagram.com

kesehatan

Melaney Ricardo Sukses Berhenti Merokok, Ada 2 Kuncinya

Senin, 7 Mei 2018 12:22 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Melaney Ricardo mengaku dia adalah seorang perokok berat sejak duduk di kelas 3 sekolah menengah atas. Perempuan 37 tahun itu sudah berulang kali mencoba berhenti merokok, tapi tak berhasil. Hingga satu waktu terjadi momentum yang membuatnya sadar dan berhasil berhenti merokok sampai sekarang.

Baca juga:Melaney Ricardo Terinspirasi Suami Jalani Pola Hidup Sehat

Melaney Ricardo mencoba berbagai cara, mulai mengurangi konsumsi rokok per hari hingga sengaja tidak membawa rokok saat keluar rumah. Tapi semua cara tak berhasil. Bahkan perempuan bernama lengkap Agnes Melanie Siahaan ini sudah mengambil hikmah dari anggota keluarganya yang terkena kanker karena menjadi perokok aktif.

"Keluarga saya banyak yang terkena kanker. Salah satunya sepupu saya yang meninggal di usia produktif, ketika lulus kuliah," kata Melaney Ricardo di Jakarta, Minggu, 6 Mei 2018. "Saya melihat bagaimana dampak kanker kepada sepupu saya itu dan saya mau banget berhenti merokok."

Hanya, segala niat itu pupus karena lagi-lagi Melaney merokok. Hingga pada satu saat, dokter menyatakan Melaney Ricardo positif hamil. Di situ dia mulai berhenti merokok. "Banyak yang bilang setelah anak berusia 9 bulan, ibunya bisa merokok lagi," katanya.

Melaney Ricardo. Instagram.com/melaney_ricardo

Ketika anak pertamanya, Chloe Valentine Lynch, lahir, Melaney Ricardo mantap meneruskan tekadnya berhenti merokok. "Saya sudah berjanji kepada diri sendiri karena mau hidup sehat," ucap istri Tyson Lynch James tersebut. Kini Chloe sudah berusia 6 tahun dan anak keduanya, Courage Jordan Lynch, 2 tahun, Melaney benar-benar telah menjauh dari rokok.

Melaney Ricardo ingin melihat kedua anaknya berkembang, sampai menikah, dan mereka membangun keluarga masing-masing. "Kunci berhenti merokok itu ada dua, niat dan sadar. Harus punya niat untuk hidup lebih sehat dan sadar kalau hidup hanya satu kali," ucapnya.

Lagi pula, sejak menikah dengan Tyson pada 31 Juli 2010, Melaney Ricardo ketularan gaya hidup sehat Tyson. Dia menjadi lebih rutin berolahraga, menyantap makanan sehat, dan menghindari kebiasaan yang mengganggu kesehatan, yakni merokok.