Pusing dengan Jerawat Tak Diundang, Hindari 8 Makanan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita berjerawat minum obat. shutterstock.com

Ilustrasi wanita berjerawat minum obat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jerawat adalah masalah buat banyak orang. Beberapa jenis jerawat dapat sepenuhnya diobati, sementara beberapa tetap muncul lagi.

Tetapi, jerawat bukanlah fenomena tiba-tiba, meskipun muncul tiba-tiba dan dapat disebabkan oleh stres, ketidakseimbangan hormon, atau bahkan beberapa jenis makanan.

Ada beberapa makanan yang tidak kita sadari bisa memicu jerawat. Kadang-kadang, jerawat dapat diobati dengan obat-obatan, memakai krim dan menggunakan obat lain secara eksternal. Tetapi jerawat juga dapat disebabkan pola makan yang tidak tepat juga.

Berikut makanan apa yang dapat dihindari untuk mencegah jerawat atau jika Anda memiliki kulit yang rentan jerawat.

Baca juga:
Tua-tua kok Berjerawat?
Pasta Gigi, Rahasia Imaz Fitria Atasi Jerawat
Krisdayanti Bilang Aurel Banyak Jerawat, Gadis Penuh Cinta 

1. Roti
Roti cenderung menguras sebagian tingkat antioksidan kulit, yang menyebabkan berkembangnya jerawat, juga mengandung gluten, yang merupakan konten penyebab jerawat danmenyebabkan peradangan pada kulit. 

2. Cokelat
Anda mungkin kecewa. Kandungan lemak dan gula yang tinggi dalam cokelat sering menyebabkan produksi sebum yang tinggi, yang akhirnya menyebabkan peradangan dalam tubuh.Jika Anda benar-benar tidak bisa mengurangi memakannya, Anda bisa memilih cokelat hitam yang memiliki antioksidan lebih.

3. Keju
Jika tak ingin berjerawat, Anda harus mengurangi keju dari daftar makanan. Keju mengandung progesteron, yang meningkatkan kelenjar penghasil lemakdan membuat kulit berminyak serta tidak sehat sehingga menyebabkan jerawat.

4. Keripik kentang
Bukan hanya keripik kentang tapi makanan ringan seperti kentang goreng dan makanan berminyak yang termasuk kategori makanan sampah tidak baik untuk kulit. Makanan ini menyebabkan peradangan dan jerawat.

5. Daging merah
Daging merah menyebabkan produksi sebum berlebih yang menyebabkan peningkatan produksi minyak. Kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat. Dagingjuga mengandung lemak tinggi. Jadi, kurangi daging merah untuk mendapatkan kulit yang bebas jerawat dan halus.

6. Susu
Tidak semua produk susubagus. Beberapa penelitian ilmiah mengklaim bahwa makanan glikemik memicu jerawat. Susu adalah salah satunya. Susu secara langsung mempengaruhi hormon dan perubahan hormon selalu menyebabkan jerawat. Jadi, kurangi asupan susu jika ingin mencegah jerawat.

7. Kopi
Kopi memang memberi ledakan energi tiba-tiba, tapi buruk bagi kulit dalam jangka panjang. Namun bukan berarti Anda tidak bisa minum kopi sama sekali. Lebih baik mengendalikan asupan kopi setiap hari untuk menjauhkan diri dari jerawat.

8. Jambu Biji
Jerawat kadang merupakan hasil dari sekresi dan proses usus yang tidak tepat. Jambu bijimemang dianggap sangat sehat tapi bisa jadi penyebab sembelit sehingga bisa membuang racun yang tidak tepat dari tubuh, yang kadang-kadang dapat menyebabkan jerawat.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."