Siklus Menstruasi Bikin Nyeri, Ini 4 Makanan Pereda Sakit Haid

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi nyeri haid. shutterstock.com

Ilustrasi nyeri haid. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perut terasa kembung, kram sampai ke pinggul, hingga sakit kepala merupakan beberapa keluhan yang kerap dialami perempuan yang sedang datang bulan. Siklus menstruasi yang normalnya hadir setiap bulan memberikan efek berbeda kepada setiap individu.

Baca juga:
Cara Novita Angie Ajarkan Putrinya tentang Menstruasi Sejak Dini

Khusus buat kamu yang mengalami nyeri hebat sebelum dan selama menstruasi, ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengurangi nyeri tersebut. Mengutip Live Strong, berikut ini daftar makanan yang disarankan sebelum dan selama siklus menstruasi.

1. Kacang polong
kacang polong (pixabays.com)
Kandungan serat kacang yang tinggi dapat mengurangi kram kongestif. "Kacang polong merupakan sumber vitamin B untuk mencegah kram saat menstruasi. Meski kacang bisa menimbulkan kelebihan gas, kondisi ini bisa diminimalisir dengan makan dalam jumlah kecil dan perlahan," kata Direktur PMS Self-Help Center di Los Altos, California, Amerika Serikat, Susan Lark.

2. Sayuran hijau
Ilustrasi makan sayuran. shutterstock.com
Sayuran hijau mengandung kalsium, magnesium, dan potasium tinggi, yang dapat meringankan dan mencegah kram. Susan Lark menambahkan kandungan mineral ini bisa menenangkan emosi yang labil. Selain itu, sayuran hijau tua mengandung vitamin K dosis tinggi yang dibutuhkan untuk membekukan darah dan mencegah perdarahan berlebih.

3. Asam lemak omega-3
Ilustrasi salad salmon. Shutterstock

Sekelompok zat mirip hormon dalam tubuh yang disebut prostaglandin merupakan salah satu penyebab kontraksi otot saat nyeri haid. Salah satu cara untuk mematikan efek prostaglandin adalah dengan mengkonsumsi asam lemak omega-3, seperti yang terkandung dalam ikan salmon, kenari, dan biji rami.

4. Nanas
Ilustrasi buah dan sayuran/kecantikan kulit. Shutterstock.com

Dr. Phyllis Johnson dari Pusat Nutrisi Manusia Departemen Pertanian Amerika Serikat mengatakan wanita muda yang kurang asupan mangan mengalami peningkatan perdarahan saat menstruasi hingga 50 persen. Johnson menyarankan agar mereka yang mengalami nyeri hebat saat haid mengkonsumsi mangan, seperti yang terkandung dalam buah-buahan, terutama nanas. Nanas juga tinggi bromelain, enzim yang bisa membantu mengendurkan otot dan mencegah kram menstruasi.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."