Merayakan Pi Day dengan Pie Lokal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rita Nariswari

google-image
Salah satu sajian dari Pia Apple Pie Bogor. (Tempo/Rita Nariswari)

Salah satu sajian dari Pia Apple Pie Bogor. (Tempo/Rita Nariswari)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -- Pie memang berasal dari bumi bagian Barat. Adalah orang Inggris yang pertama kali menyiapkannya di meja hidangan mulai abad ke-14.

Adonan terigu tersebut diisi olahan rasa manis di bagian tengahnya. Bagian tengah empuk tapi pinggirannya garing.  Salah satu yang terkenal ada apple pie.

Resep pertama muncul dari buku kumpulan resep Raja Richard II dari Inggris pada 1390. Resep pie ini pula dibawa ke Amerika Serikat dari Inggris. Dan kemudian pada hari ini, atau 14 Maret dirayakan sebagai sebagai Pi Day.

Pi adalah angka internasional, di hari perayaan ini para pencinta matematika merayakan dengan berbagai olahan pie. Karena dalam bahasa Inggris pi dan pie itu homophone atau yang pelafalannya sama tapi artinya berbeda.

Baca: Rigatoni Pasta Pie, Resep Lezat Rasa Resto Favorit

Nah untuk ambil bagian merayakan Pi Day, tidak perlu jauh-jauh terbang ke AS atau Inggris. Karena sudah banyak banyak olahan pie yang dikenal di sini. Bahkan pie menjadi oleh-oleh khas, seperti di Bogor dan Bali.

Salah satu sajian dari Pia Apple Pie Bogor. (Tempo/Rita Nariswari)

1. Pia Apple Pie, Bogor
Bentuk pie di Pia Apple Pie beragam, tidak lagi bulat. Ada juga yang berbentuk lonjong dan hati, sehingga ada nama khas, seperti apple pie love. Rasanya pun bervariasi.

Pie tidak hanya berasa apel yang menyegarkan, tapi juga jenis buah lain, seperti stroberi dan blueberry, dicampur keju. Selain itu, variasi baru terus dimunculkan.

Ukuran pun beragam. Dari yang kecil Rp 22 ribu hingga yang besar kisaran Rp 130 rb. Di Bogor, gerai ini bisa ditemukan di Jalan Pangrango No 10 dan buka pukul 07.00-22.00.

Salah satu oleh-oleh khas Bali Pie Susu Dhian yang mungil. (Tempo/Andi Prasetyo)

2. Pie Susu Bali
Yang satu ini ukurannya mungil dan mungkin orang bisa menyantapnya satu buah dalam satu suap. Terasa renyah dengan  rasa susu yang dominan. Telah lama pie susu menjadi oleh-oleh khas dari Bali.

Yang terkenal adalah Pie Susu Dhian yang sudah memiliki beberapa cabang. Sentranya ada di Jalan Nangka Selatan, Dangin Puri Kaja, Denpasar.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."