Anak Keranjingan Gawai? Perkenalkan 6 Hewan Peliharaan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rita Nariswari

google-image
Seekor anak Kucing dan anak Anjing bermain bersama dan bercanda layaknya saudara di rumah Kucing dan Anjing Battersea, London, Inggris. dailymail.co.uk

Seekor anak Kucing dan anak Anjing bermain bersama dan bercanda layaknya saudara di rumah Kucing dan Anjing Battersea, London, Inggris. dailymail.co.uk

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -Banyak anak-anak yang tidak bisa lepas dari gawai, bahkan di usia sekolah dasar. Untuk mencegah kelekatan yang terlalu kuat, ada banyak cara untuk menguranginya. Salah satunya, memperkenalkan hewan peliharaan.

Sedikitnya ada 6 hewan peliharaan yang cocok untuk anak-anak.

1. Ikan
Ikan bisa menjadi hewan peliharaan pertama bagi anak-anak. Tidak perlu ikan jenis ukuran besar, cukup yang kecil dan bisa ditaruh dalam aquarium mini. 

2. Anjing
Jenis binatang ini bisa membuat anak-anak menjadi aktif dan tulangnya menjadi lebih kuat. Berlarian dengan anjing di halaman atau sepanjang koridor di rumah bisa menjadi kegiatan bersama.

Anjing termasuk teman yang baik, hingga anak-anak bisa belajar hubungan hewan-manusia. Cuma, cari jenis anjing yang ramah anak.

3. Kucing
Hewan peliharaan ini termasuk yang bisa digemari semua anggota keluarga. Menjadi pilihan yang tepat juga jika ruang di rumah terbatas. Hanya, kucing  tidak cocok untuk anak yang menderita alergi.

Baca: Kita Mengatur Pemakaian Gawai oleh Anak

4. Hamster
Binatang berukuran kecil ini tergolong menggemaskan. Anak-anak akan senang mengamatinya berlarian di dalam kandang dan beberapa saat melupakan gawai yang biasanya tidak lepas dari jari jemarinya.

Namun,  ajari juga anak untuk membersihkan kandangnya sehingga aroma tak sedap dari kandang tidak menyebarkan ke seluruh ruangan.

5. Kura-kura
Reptil yang satu ini termasuk yang berumur panjang. Mulai lah memelihara dalam ukuran kecil dan anak-anak bisa melihat perkembangannya. Hewan peliharaan ini tergolong tidak merepotkan.

6. Burung
Kicauan burung tentunya akan mewarnai rumah dan membuat anak-anak terpesona. Hanya perlu bantuan orang dewasa untuk mengurus hewan peliharaan ini, tapi tetap bisa ajarkan anak-anak untuk bertanggung jawab mengurusnya.

parents | healthyline | todaysparent

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."