Usia Suami Jauh Lebih Tua, Ini Masalah yang Bakal Muncul

Ilustrasi pasangan. Shutterstock

cinta

Usia Suami Jauh Lebih Tua, Ini Masalah yang Bakal Muncul

Rabu, 28 Februari 2018 07:54 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada perempuan yang memilih menikah dengan pria yang usianya jauh lebih tua, misalnya dengan jarak umur lebih dari 10 tahun. Psikolog Klinis Dewasa dari Q Consulting, Rena Masri mengatakan menikah dengan pasangan yang usianya terpaut terlalu jauh berpotensi memunculkan sejumlah masalah.

Baca juga:Heboh Revi Mariska Nikah, Beda Usia Bukan Masalah Contoh Beyonce Yang Dicari Pria Jika Menikah dengan Perempuan Lebih Muda dan Tua

"Tentu ada perbedaan cara pandang dan pola pikir karena masing masing sedang menjalani proses perkembangan yang berbeda," kata Rena Masri. Dia mencontohkan, ketika suami merencanakan pensiun, tapi istrinya yang usianya jauh lebih muda malah berencana punya anak. Perbedaan sudut pandang ini dapat memicu masalah dalam rumah tangga, baik secara finansial dan emosional.

Selain itu, menurut Rena Masri, suami yang memiliki perbedaan usia cukup jauh dengan istrinya sulit beradaptasi dengan keluarga besar pasangan. Beberapa hal lain yang kerap menjadi kendala adalah kesulitan bekerjasama dan mengembangkan toleransi dalam menghadapi perbedaan di antara mereka, misalnya berbeda hobi, karakter, cara berkomunikasi, dan lainnya.

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pasangan yang berbeda usia cukup jauh adalah menciptakan hubungan pernikahan yang berkualitas. Rena Masir kemudian mengutip penjelasan Robert Sternberg, seorang psikolog Amerika Serikat. Menurut Robert, cara membangun cinta atau hubungan pernikahan yang berkualitas itu terdiri dari 3 komponen.

Tiga komponen itu adalah keintiman, gairah, dan komitmen. Pasangan yang ingin mendapatkan hubungan cinta yang memuaskan harus melihat ketiga komponen ini di dalam pernikahan, dan seimbang di setiap komponen.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA