Yang Dicari Pria Jika Menikah dengan Perempuan Lebih Muda dan Tua

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi pasangan menikah/pernikahan. Shutterstock

Ilustrasi pasangan menikah/pernikahan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernikahan merupakan sebuah gerbang untuk memasuki tahapan kehidupan selanjutnya. Setelah menemukan orang yang tepat, maka pasangan suami istri itu akan mengarungi bahtera rumah tangga dan diharapkan sampai ke tujuan, yakni kebahagiaan bersama.

Baca juga:
10 Sebab Pasangan Muda Ogah Menikah
Heboh Revi Mariska Nikah, Beda Usia Bukan Masalah Contoh Beyonce

Sebelum menikah, setiap orang pasti memilih siapa yang akan menjadi calon pasangannya. Beberapa pertimbangan dalam memilih pasangan adalah pendidikan, pekerjaan, suku, agama, latar belakang keluarga, karakter, dan usia. Khusus untuk pertimbangan usia, Psikolog Klinis Dewasa dari Q Consulting, Rena Masri mengatakan tidak ada batasan tertentu mengenai perbedaan usia antara suami dan istri.

"Setiap individu memiliki alasan masing masing untuk memutuskan dengan siapa dia akan menikah,” kata Rena Masri, Senin 26 Februari 2018. Meski begitu, dia mengatakan rentang usia antara suami dan istri biasanya sekitar dua tahun. Namun pada kenyataannya, kita sering menemukan suami yang usianya terpaut jauh dari istrinya, dan sebaliknya.

Ilustrasi cincin kawin. Shutterstock.com

Tentunya, setiap pasangan memiliki alasan masing-masing ketika memilih pasangan yang jauh lebih tua atau lebih muda darinya. Ketika perempuan memilih lelaki yang lebih tua, Rena Masri mengatakan, biasanya lelaki itu diharapkan bisa bersikap lebih dewasa, sehingga sangat mengerti bagaimana memperlakukan seorang wanita.

Calon suami yang jauh lebih tua dari pasangannya juga diharapkan lebih sopan, sabar, bijaksana. Selain itu, suami yang usianya jauh lebih tua seringkali dianggap lebih berkomitmen dengan pernikahan, dan lebih mapan secara finansial.

Sebaliknya, lelaki yang senior juga punya alasan memilih menikah dengan perempuan yang jauh lebih muda. Diantaranya, menurut Rena Masri, pria itu ingin istrinya cukup kuat dan cekatan dalam mengurus anak - anak mereka kelak. Beberapa lelaki juga ingin lebih merasa ‘awet muda’ dengan istri yang jauh lebih muda.

Tidak hanya suami yang selalu jauh lebih tua. Ada pula pasangan yang istrinya jauh lebih tua. Beberapa alasannya, Rena Masri melanjutkan, biasanya suami berharap istrinya bisa memanjakan dia, istri lebih mandiri, emosi lebih stabil, dan punya tujuan hidup yang jelas.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."