10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Tubuh Lelah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita kelelahan. shutterstock.com

Ilustrasi wanita kelelahan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat kelopak mata mulai terkulai ketika sedang bekerja atau merasa lesu setiap waktu, itu tanda tubuh dalam tahap sangat kelelahan. Apakah Anda merasa tidak enak pada siang atau mengalami masalah tidur pada malam hari, gejala kelelahan ini bisa menjadi peringatan bagi sejumlah masalah kesehatan dalam tubuh.

Siklus tidur tubuh memerlukan konsistensi. Jika Anda lelah secara fisik, tapi mental tidak bisa istirahat saat tidur, hal itu bisa menyebabkan kantuk pada esok hari. Hal itu dapat membahayakan semua fungsi tubuh, seperti pelepasan hormon, suhu tubuh, kekebalan tubuh, dan pengendalian berat badan, serta akan menyebabkan hilangnya energi, konsentrasi rendah, memori buruk, dan suasana hati yang buruk.

Jadi Anda perlu membuat beberapa perubahan gaya hidup, mengurangi kafein dan alkohol, makan lebih banyak makanan, dan berolahraga. Selain itu, beberapa hal berikut ini sebaiknya tidak dilakukan saat Anda lelah.

Baca juga: Kenali Gejala Serangan Jantung, Penyebab Kematian Sridevi

1.Jangan minum banyak kopi dalam sehari
Minum beberapa cangkir kopi dalam sehari hanya akan membuat Anda merasa lelah dan lemah. Sebab, hal itu mengakibatkan tingkat energi dalam tubuh menurun. Saat Anda minum kopi, kafein tetap berada di perut hingga lima jam. Jadi, jika Anda minum kopi lagi dalam waktu lima jam akan berdampak pada gangguan tidur pada malam hari.

2. Jangan berolahraga ekstrem
Jika terlalu banyak berolahraga, Anda akan mengalami kelelahan pada otot. Sebagai gantinya, Anda bisa berolahraga ringan, seperti berjalan kaki dan bersepeda, yang tidak akan menyebabkan kram otot atau cedera. Mengeluarkan semua energi di pusat kebugaran akan membuat Anda merasa lelah dan lemah setelahnya.

3. Jangan tidur siang terlalu lama
Tidur siang untuk waktu yang lama bukanlah ide bagus karena bisa membuat tidur tak nyenyak pada malam serta membuat Anda merasa lelah keesokan harinya. Anda bisa tidur siang selama 20-30 menit setiap hari dan jangan lebih untuk menjaga Anda tetap waspada dan aktif.

Ilustrasi wanita tidur di kantor. Shutterstock.com

4. Jangan menyimpang dari waktu tidur normal
Saat lelah, jangan tunda tombol alarm karena bisa mengganggu siklus tidur. Menempatkan pola tidur berubah setiap saat akan membuat Anda lebih lelah dan tidak akan mendapatkan kualitas tidur. Jika Anda tidur 30 menit ekstra dari waktu normal, tubuh meminta waktu lebih banyak untuk tidur.

Baca juga: Penjelasan Sleeping Beauty Alias Tidur Cantik Itu Penting

5. Jangan konsumsi makanan "sampah"
Ketika tubuh lelah, Anda cenderung memilih makanan tinggi kalori. Sebab, makanan itu bisa jadi tidak sehat dan menyebabkan kenaikan berat badan. Jika Anda ingin memesan makanan cepat saji, carilah makanan yang sehat dan enak, seperti sayuran kukus dengan nasi ayam atau nasi merah, yang akan membuat makanan seimbang dan membuat Anda tetap aktif.

6. Jangan menggunakan media sosial
Saat ini, seluruh dunia ada di media sosial dan tidak ada yang bisa lolos. Namun Anda bisa lolos dari media sosial untuk sementara waktu saat lelah. Memantau media sosial akan membuat Anda terjaga lebih lama karena cahaya yang datang dari telepon dapat mempengaruhi otak sehingga membuat tidak ingin tidur.

7. Jangan minum alkohol
Jika berpikir meminum segelas anggur akan membuat tertidur, Anda benar-benar salah. Minum alkohol sebelum tidur akan mengganggu REM (tipe tidur terdalam), yang akan membangunkan Anda pada pagi atau malam hari.

Baca juga: Rahasia Tubuh Bugar Atalia Praratya, Hanya 10 Menit Setiap Hari

8. Jangan begadang selama akhir pekan
Tidur larut malam selama akhir pekan akan mengganggu siklus tidur. Sebab, Anda akan tidur tanpa alarm dan bangun larut malam. Selain itu, mendorong tubuh untuk tidur dan bangun nanti serta akan menyulitkan Anda bangun pada Senin pagi.

9. Jangan lakukan yoga yang membutuhkan energi
Yoga pasti membuat pikiran tetap tenang dan melemaskan tubuh. Namun ada jenis yoga tertentu yang membutuhkan energi dan sebaiknya tidak dilakukan saat sudah lelah. Sebagai gantinya, pilihlah pose yoga seperti pose mayat, pose anak, dan postur yoga lain, yang tidak meningkatkan detak jantung Anda.

10. Jangan ngemil tengah malam
Jangan mengonsumsi camilan tengah malam saat Anda sudah lelah. Tubuh tidak akan bisa mencerna makanan setelah Anda tidur. Hindari makanan seperti hamburger, keripik, dan makanan berminyak yang bisa menyebabkan mulas dan menyulitkan Anda tertidur.

BISNIS

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."