Masker Jadi Bumerang, Kulit Malah Keriput karena ...

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi masker lumpur. Shutterstock

Ilustrasi masker lumpur. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memakai masker wajah adalah rutinitas kecantikan yang umum dilakukan. Manfaat yang dirasakan setelah memakai masker antara lain kulit menjadi halus, kencang, segar, memudarkan noda, mengurangi minyak berlebih, sampai menghilangkan jerawat.

Baca juga:
Masalah Kulit Usia 30 Bikin Wajah 2,5 Tahun Lebih Tua
3 Plus 3 Kunci Kecantikan Miss World 2018 Manushi Chhillar
Muncul Stretch Mark Saat Hamil dan Kiat Menghilangkannya

Kendati memiliki banyak kegunaan, masker juga bisa menjadi bumerang bagi kecantikan jika keliru dalam mengaplikasikannya. Pemakaian masker wajah yang salah justru membuat wajah cepat tua. Berikut ini kekeliruan yang tanpa sadar sering dilakukan ketika memakai masker:

1. Pakai masker terlalu lama
Ilustrasi wanita mengenakan masker coklat. shutterstock.com

Pada kemasan pasti terdapat petunjuk penggunaan masker. Salah satunya aturan berapa lama waktu pengaplikasian masker sebelum dibersihkan. Aturan ini sebaiknya diikuti karena permasalahan bukan berasal dari lamanya waktu kamu memakai masker. Masker tersebut akan memberikan efek samping dan manfaatnya tidak akan didapatkan secara optimal.

Contohnya, saat sedang berjerawat sebaiknya hindari menggunakan menggunakan masker jerawat terlalu lama. Sebab, kelembapan alami kulit wajah akan hilang dan membuat jerawat rentan meradang.

2. Masker yang kamu gunakan tidak cocok untuk kulitmu
Ilustrasi wanita menggunakan masker mentimun. shutterstock.com

Seperti produk perawatan kulit pada umumnya, kamu harus mengetahui kebutuhan kulit wajah sebelum membeli masker wajah yang akan dipakai. Bagi beberapa orang, mencoba berbagai jenis masker tidak akan memberikan efek berarti tapi tidak sedikit juga orang yang harus berhadapan dengan masalah kulit yang baru cuma karena mencoba-coba mengaplikasikan satu buah masker.

3. Belum melakukan eksfoliasi
Ilustrasi merawat wajah dengan masker. cnacremona.it

Penyebab ketiga yang membuat masker justru membuat wajah lebih cepat tua adalah tidak melakukan proses eksfoliasi sebelum pakai masker. Bagi yang senang menggunakan masker dengan krim, maka sangat disarankan untuk melakukan proses eksfoliasi sebelum mengaplikasikan masker tersebut.

Sebab, masker dengan formula krim tidak dapat berfungsi sebagai eksfoliator. Eksfoliasi bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran, sehingga saat mengaplikasikan masker, maka masker akan lebih mudah diserap oleh wajah dan manfaat yang didapatkan akan optimal.

4. Memakai clay atau charcoal mask terlalu tebal
Ilustrasi masker hitam (pixabays.com)
Sebaiknya hindari menggunakan masker clay dan charcoal terlalu tebal di wajah, karena dapat menghilangkan minyak alami dari kulit dan membuat kulit kering bahkan mengelupas. Pada dasarnya masker clay dan charcoal dibuat untuk mendetoksifikasi kulit dan menyeimbangkan produksi minyak pada kulit wajah.

5. Tidak memeriksa kandungan metalik masker

Perhatikan kandungan metalik pada masker-masker emas atau perak. Masker jenis ini banyak mengandung hyaluronic acid yang bagus untuk kulit, terutama untuk menghindari tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Meski begitu, tidak sedikit masker metalik yang mengandung alkohol sehingga dapat membuat kulit wajah kering, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."