Tips Pintar dalam Perjalanan di Musim Hujan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi hujan gerimis. REUTERS

Ilustrasi hujan gerimis. REUTERS

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Musim hujan membuat kita harus melakukan persiapan ekstra sebelum melakukan perjalanan. Entah ke kampus, kantor, atau jalan-jalan bersama teman, jenis busana yang dipilih pada musim hujan pasti berbeda dengan busana di musim kemarau.

Baca juga:
4 Pilihan Busana yang Cocok di Musim Hujan
Musim Hujan, Simak Tips Keringkan Barang Basah
Musim Hujan Ada Jas Hujan Payung, Praktis dan Tetap Modis

Sepatu misalnya, sebaiknya pilih berbahan karet supaya cepat kering. Harus membawa payung dan kantung plastik untuk membungkus benda-benda tak tahan air, seperti ponsel, laptop, headset, dan lainnya. Kamu juga disarankan membawa pakaian ganti sebagai cadangan jika kehujanan di jalan.

Selain persiapan itu, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan agar perjalanan lebih nyaman saat musim hujan. Berikut ini tips pintar sebelum dan dalam perjalanan di musim hujan, seperti dikutip dari keterangan tertulis Uber:

# Ubah jadwal perjalanan
Rajin-rajinlah memantau informasi cuaca untuk hari ini dan besok. Dengan begitu, kamu bisa tahu apakah hujan akan turun di pagi, siang, sore, atau malam hari. Kalau sudah tahu hujan akan turun di siang hari, maka kamu bisa keluar rumah lebih pagi dan tiba di tujuan sebelum siang.

Luangkan waktu 30 menit di perjalanan dibanding hari biasa. Misalnya, jika perjalanan ke kantor membutuhkan waktu 45 menit, kamu sebaiknya berangkat 1 jam 15 menit lebih awal untuk mengantisipasi kemacetan atau kejadian yang tak terduga di perjalanan.

Sejumlah pengendara sepeda motor menerobos banjir yang melanda kawasan Kamal Raya, Jakarta Barat, 28 Februari 2016. Hujan yang mengguyur sejak dini hari membuat air kembali meluap dengan ketinggian mencapai 50 cm. TEMPO/Fajar Januarta

# Siapkan uang tambahan
Banyaknya permintaan akan kendaraan saat hujan bikin biaya perjalanan menjadi lebih tinggi. Terlebih jika banjir, maka rute perjalanan bisa berubah hingga dua kali jarak rute yang biasa ditempuh. Kamu terpaksa berputar atau mengambil jalur lain untuk menghindari banjir dan macet di musim hujan, tentu ini berdampak pada uang tunai atau deposit yang kamu siapkan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."