Musim Hujan, Simak Tips Keringkan Barang Basah

Ilustrasi wanita kehujanan. pinterest

ragam

Musim Hujan, Simak Tips Keringkan Barang Basah

Selasa, 13 Februari 2018 04:55 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Musim hujan membuat kita harus mengantisipasi setiap benda yang tak boleh basah, seperti ponsel, tas makeup, buku catatan, dan lainnya. Adapula barang fashion yang tentu tak nyaman jika dikenakan dalam kondisi sedikit atau basah total, semisal sepatu, hijab, dan baju.

Mengutip India Times, berikut ini beberapa cara mengeringkan benda yang basah karena terkena air hujan:

1. Ponsel basahBila ponsel basah akibat kehujanan atau tersiram air, kemudian mati karena ada air yang meresap ke dalam, segera bersihkan ponsel dengan kain kering kemudian taruh di dalam semangkuk beras. Beras akan menyerap air dari ponsel dan alat komunikasi ini bisa berfungsi lagi.

2. Mengeringkan sepatuSepatu yang basah akan menyebabkan bau tak sedap dan jamur. Untuk mengurangi dampak air hujan pada sepatu, gosokkan lilin pada sepatu sebelum keluar rumah atau selalu siapkan tisu kering untuk mengelapnya.

3. Mengeringkan pakaianBila pakaian tak juga kering karena cuaca di luar sana terus-menerus hujan, taruh pakaian di depan kipas angin yang menyala dengan kecepatan tinggi.

4. Mengeringkan rambutRambut basah akibat kehujanan padahal kita harus menghadiri rapat atau bertemu kolega. Tak usah khawatir, bubuhkan krim tangan untuk mengeringkannya.

5. Mengeringkan wajahMenggunakan kertas minyak adalah pilihan yang lebih baik untuk mengeringkan wajah yang basah akibat air hujan karena tak akan banyak menghapus makeup.

6. Mencegah lemari lembapLemari sering menjadi lembap, apalagi bila ada atap yang bocor dan airnya menetes membasahi lemari. Taruh beberapa butir cengkeh dan kapur barus. Dijamin lemari akan kering lagi.

7. Menjaga perabot tetap keringPerabot dari kayu adalah santapan rayap, terutama dalam keadaan lembap. Untuk mencegah dan mengusir serangga, poles perabot dengan minyak rambut tanpa aroma.