Musim Hujan, Simak Tips Keringkan Barang Basah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wanita kehujanan. pinterest

Ilustrasi wanita kehujanan. pinterest

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Musim hujan membuat kita harus mengantisipasi setiap benda yang tak boleh basah, seperti ponsel, tas makeup, buku catatan, dan lainnya. Adapula barang fashion yang tentu tak nyaman jika dikenakan dalam kondisi sedikit atau basah total, semisal sepatu, hijab, dan baju.

Mengutip India Times, berikut ini beberapa cara mengeringkan benda yang basah karena terkena air hujan:

1. Ponsel basah
Bila ponsel basah akibat kehujanan atau tersiram air, kemudian mati karena ada air yang meresap ke dalam, segera bersihkan ponsel dengan kain kering kemudian taruh di dalam semangkuk beras. Beras akan menyerap air dari ponsel dan alat komunikasi ini bisa berfungsi lagi.

2. Mengeringkan sepatu
Sepatu yang basah akan menyebabkan bau tak sedap dan jamur. Untuk mengurangi dampak air hujan pada sepatu, gosokkan lilin pada sepatu sebelum keluar rumah atau selalu siapkan tisu kering untuk mengelapnya.

3. Mengeringkan pakaian
Bila pakaian tak juga kering karena cuaca di luar sana terus-menerus hujan, taruh pakaian di depan kipas angin yang menyala dengan kecepatan tinggi.

4. Mengeringkan rambut
Rambut basah akibat kehujanan padahal kita harus menghadiri rapat atau bertemu kolega. Tak usah khawatir, bubuhkan krim tangan untuk mengeringkannya.

5. Mengeringkan wajah
Menggunakan kertas minyak adalah pilihan yang lebih baik untuk mengeringkan wajah yang basah akibat air hujan karena tak akan banyak menghapus makeup.

6. Mencegah lemari lembap
Lemari sering menjadi lembap, apalagi bila ada atap yang bocor dan airnya menetes membasahi lemari. Taruh beberapa butir cengkeh dan kapur barus. Dijamin lemari akan kering lagi.

7. Menjaga perabot tetap kering
Perabot dari kayu adalah santapan rayap, terutama dalam keadaan lembap. Untuk mencegah dan mengusir serangga, poles perabot dengan minyak rambut tanpa aroma.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."