Tips Bersihkan Emas, Apa yang Boleh dan Dilarang

Calon pembeli mengamati perhiasan liontin emas yang dijual secara dilelang di Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta, 6 Oktober 2017. Tempo/Tony Hartawan

kecantikan

Tips Bersihkan Emas, Apa yang Boleh dan Dilarang

Rabu, 21 Februari 2018 08:06 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Perhiasan emas yang melekat di badan kerap terabaikan perawatannya. Cincin, kalung, anting, dan gelang kaki misalnya, jadi terlihat kusam karena tak dibersihkan. Sebab itu, sangat penting mengetahui cara merawat emas yang baik dan benar supaya perhiasan ini selalu telihat kinclong.

Baca juga:Emas 24 Karat Justru Tak Bagus kalau Jadi Perhiasan

Selebriti Stylist Caren Delano menjelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memastikan perhiasan emas dirawat dengan baik. Pertama, membeli tempat perhiasan atau wadah khusus untuk perhiasan emas. Sebaiknya semua perhiasan emas dijadikan satu di tempat yang sama dan dipisahkan dari perhiasan-perhiasan lain.

"Emas juga bisa dicuci dengan air panas agar kembali mengkilap atau ke toko emas untuk dicuci," kata Caren Delano di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa 20 Februari 2018.

Direktur Kreatif dari perusahaan jual beli emas Untung Bersama Sejahtera atau UBS Gold, Erwin Suganda memaparkan kiat merawat perhiasan emas. "Perhiasan emas tidak boleh terkena bahan kimiawi, seperti parfum," katanya.

Pekerja tengah melakukan pelapisan emas pada sebuah perhiasan di Cikini, Jakarta, 7 Juli 2017. Pelapisan emas tersebut memakan biaya sebesar Rp.50 ribu hingga Rp. 3 juta tergatung besar kecilnya perhiasan yang akan dilapisi emas. Tempo/Tony Hartawan

Jika hendak membersihkan terlebih dulu direndam air panas. Kalau perhiasan emas sudah terlihat kusam atau sangat kotor, dapat dibersihkan menggunakan sedikit sabun cuci piring.

Setelah direndam dan dibersihkan, cara mengelap perhiasan emas juga harus diperhatikan. Jangan membersihkan perhiasan emas dengan tisu, melainkan pakailah kain halus seperti membersihkan kacamata. Membersihkan emas secara rutin juga menjadi cara untuk membuktikan apakah perhiasan tersebut asli atau tidak.

Sebelum membeli emas, Caren Delano menambahkan, setiap orang harus belajar mengenai emas, mulai dari harga per gram dan karat perhiasan tersebut.