Emas 24 Karat Justru Tak Bagus kalau Jadi Perhiasan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Gelang emas dipamerkan di dalam toko perhiasan Lukfook, di Macau, Cina, Selasa 26 Agustus 2014. Brent Lewin/Bloomberg via Getty Images

Gelang emas dipamerkan di dalam toko perhiasan Lukfook, di Macau, Cina, Selasa 26 Agustus 2014. Brent Lewin/Bloomberg via Getty Images

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Sebagian orang mencari emas 24 karat dalam bentuk batangan maupun perhiasan. Jika Anda sedang berburu perhiasan, emas 24 karat bukanlah pilihan yang tepat jika menginginkan perhiasan dengan bentuk yang bagus dan tahan lama.

Baca juga:
Supaya Perhiasan Emas Kembali Kinclong

Ronny Hermawan, Sales and Marketing Manager PT Lotus Lingga Pratama, perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan merancang perhiasan emas, mengatakan sifat emas murni akan semakin lunak dan mudah tergores. Sebab itu, kombinasi terbaik untuk menghasilkan perhiasan emas berkualitas bagus adalah kadarnya 75 persen dan 18-22 karat.

"Walaupun semakin murni emas maka harga dan gengsinya semakin tinggi, tetapi belum tentu emas tersebut bagus untuk dijadikan perhiasan," katanya. Namun demikian, pembeli juga mesti jeli sebelum membeli perhiasan emas agar tak tertipu dengan emas imitasi.

Ilustrasi perhiasan emas.

Lantas bagaimana cara mengecek keaslian perhiasan? Ronny Hermawan mengatakan, pertama, perhatikan tampilan fisiknya. "Barang imitasi diproduksi secara massal, jadi tidak semua mulus. Pasti ada cacatnya," katanya. Langkah kedua, cek bagian dalam perhiasan. Kalau perhiasan emas asli pasti ada cap kode perusahaan pembuatnya serta kandungan berapa persennya. Ketiga, dan yang paling penting, adalah membeli perhiasan emas di tempat tepercaya.

Mengenai tren perhiasan emas pada 2018, Ronny Hermawan menjelaskan selera pasar akan kembali ke model simpel modern. Artinya, potongan perhiasan emas sederhana tapi tetap terlihat elegan. Perhiasan emas dengan model simpel ini selalu memiliki daya pikatnya sendiri. Selain mudah dipadupadankan untuk berbagai acara, model ini dinilai sebagai bentuk perhiasan yang tak lekang dimakan zaman.

Ilustrasi kalung emas. Brent Lewin/Bloomberg via Getty Images

Model perhiasan emas yang simpel modern, misalnya kalung emas polos yang bisa digunakan untuk sehari-hari atau pergi ke acara spesial. Untuk variasinya, bisa ditambah dengan liontin yang bisa dilepas dan dipasang sesuka hati.

Selain emas model simpel, emas putih dan rose gold diprediksi akan laris tahun depan. Kedua warna ini dinilai dapat memberi kesan mewah tapi tidak terlalu mencolok saat dikenakan.

TABLOID BINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."