Anak Rachel Vennya Disebut Juling, Kondisi Mata Bayi 0 - 6 Bulan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Pose anak Rachel Vennya, Xabiru saat sesi pemotretan. Instagram

Pose anak Rachel Vennya, Xabiru saat sesi pemotretan. Instagram

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Anaknya Rachel Vennya, Xabiru dibilang juling oleh seorang netizen. Mengetahui itu, Rachel Vennya kesal bukan main dan berusaha menjelaskan kondisi penglihatan bayi yang belum genap 3 bulan.

Baca juga:
Anak Rachel Vennya Dibilang Juling, Rachel Vennya ' Ngamuk '
Rachel Vennya Dandan Dulu Sebelum Melahirkan, Suami : Ya Allah

Dalam sebuah unggahan di Instagram Stories Rachel Vennya, selebram itu menyebut ada seorang gadis yang menertawakan putranya karena melihat ada kelainan pada matanya. Rachel Vennya sedih karena perempuan itu tega mengungkapkan kata-kata tak pantas.

Ibu dari warganet tadi sudah meminta maaf kepada Rachel Vennya dan masalah ini dianggap selesai. Namun ada baiknya kita memahami seperti apa kondisi penglihatan pada bayi yang berusia 0 sampai 6 bulan agar tak asal bicara ketika menemui sesuatu yang berbeda.

Rachel Vennya dan Xabiru. (Instagram)

Bayi terlahir dengan visualisasi atau penglihatan yang belum berkembang pesat pada tahun pertama kelahirannya. Kalaupun ada masalah pada penglihatan bayi, dokter sudah bisa mendeteksinya setelah lahir. Dokter mata di Chatswood, New South Wales, Australia, Anthony Stanich mengatakan dengan penghilatan yang belum berkembang, bayi juga belum bisa mengontrol pergerakan bola matanya.

"Wajar jika sampai usia 6 bulan bola mata bayi bergerak seirama," ucap Anthony Stanich seperti dikutip dari Essentialbaby. Berikut tahapan perkembangan penglihatan bayi dari 0 - 6 bulan.

# 0-1 bulan
Penglihatan bayi masih sangat terbatas. Mereka dapat melihat beberapa warna, namun masih sulit membedakan antara warna biru, hijau, merah dan kuning.

# 2 bulan
Bayi mulai tertarik pada objek atau gambar dengan pola dan warna yang kontras. Pada tahap ini, bayi sudah fokus pada objek yang berjarak sekitar 20 - 38 sentimeter darinya. Bayi juga mulai memperhatikan benda-benda di sekitarnya yang bergerak perlahan.

# 3 bulan
Bayi belajar mengenal objek lebih detail. Pada tahapan ini, bayi juga mengenal rasa takut dan nyaman dari apa yang dia lihat.

# 4 bulan
Setelah 4 bulan adalah tahap perkembangan penglihatan bayi yang cukup pesat. Di sini, bayi mampu membedakan warna yang sebelumnya sulit dibedakan sampai mengenal ekspresi wajah.

# 5-6 bulan
Bayi dapat membedakan warna dasar dan bisa fokus pada objek berjarak sekitar 1 meter darinya. Pada masa ini, bayi juga mampu menggerakkan tangannya dengan lebih baik untuk meraih atau menggenggam objek yang dilihatnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."