Resep Ikan Pari Daun Pisang, Mudah Dibuat dan Lezat

Resep Ikan Pari bungkus daun pisang. New York Times

kuliner

Resep Ikan Pari Daun Pisang, Mudah Dibuat dan Lezat

Selasa, 6 Februari 2018 17:24 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Ikan pari merupakan salah satu alternatif bahan makanan yang bersumber dari laut. Daging ikan pari tinggi protein dan mengandung vitamin serta mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Menggutip New York Times, ada resep yang bisa ditiru dalam mengolah ikan pari menjadi sajian yang sehat dan lezat.

Baca juga:Ikan Pari Makanan Super Kaya Protein, Pas untuk Membentuk Otot

Resep ikan pari yang terbungkus daun pisang, lengkap dengan sambal ini dapat dibuat dalam tempo 1 jam. Cocok untuk hidangan makan siang atau disantap di hari libur bersama keluarga.

Ikan:- 680 - 900 gram daging ikan pari - 3 lembar daun pisang- 1 buah Lemon - Bawang putih secukupnya, haluskan- Ketumbar secukupnya, haluskan

Bahan sambal:- 28,35 gram cabai merah kering- 56,67 gram ebi- 10-12 siung bawang putih - 8-10 siung bawang merah- 7,5 cm jahe, bersihkan lalu cincang- 7,5 cm serai, potong kecil-kecil- 2 sendok teh kecap ikan- 1 sendok makan jeruk nipis- 2 sendok makan gula merah- 2 sendok makan minyak goreng

Cara membuat:- Haluskan semua bahan sambal.- Tumis bahan sambal yang dihaluskan tadi dengan api sedang, hingga berwarna merah tua.- Cuci dan keringkan ikan, lalu taburi garam. - Balurkan bawang putih dan kemiri yang sudah dihaluskan pada ikan pari lalu masukkan ke dalam sambal yang sudah matang.- Siapkan daun pisang dan masukkan daging ikan pari yang sudah berlumur sambal ke dalamnya.- Tutup daun pisang dengan rapi lalu masukkan ke dalam kukusan atau pemanggang.- Masak dengan cara dipanggang atau dikukus selama sekitar 8 menit.

Ketika memanggang atau mengukus dengan daun pisang, perhatikan kondisi daun. Jika daun pisang sudah layu atau kering, segera angkat dan sajikan.