Penderita Diabetes, Bisa Makan Nasi dengan Tepung Kelapa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Nasi putih setelah dicampur tepung kelapa H2. Tempo/Astria Putri Nurmaya

Nasi putih setelah dicampur tepung kelapa H2. Tempo/Astria Putri Nurmaya

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi penderita diabetes, konsumsi nasi putih harus dibatasi. Hal ini karena di dalam nasi putih terdapat kandungan gula yang cukup tinggi, yaitu indeks glikemik sebesar 89.

Salah satu alternatif untuk mencegah dan mengatasi penyakit diabetes adalah tepung kelapa. Tepung ini mengandung serat hampir 20 persen, yang berguna untuk menghambat penyerapan glukosa sehingga menurunkan kadar indeks glikemik dan gula. 

Kepala Pengembangan Layanan Analisis Pangan Institut Pertanian Bogor, Dr. Didah Nur Faridah, mengatakan dengan menambahkan tepung kelapa pada beras putih saat memasak, membuat nasi menjadi lebih gurih dan bertekstur. "Menambahkan tepung kelapa ke dalam nasi putih membuat nasi terasa lebih enak dimakan, jadi mengobati diabetes dengan cara yang menyenangkan," ujar Didah, dalam diskusi kesehatan, di Jakarta, Rabu, 31 Januari 2018. 

Baca juga: Kurangi Kolesterol dan Risiko Diabetes dengan Buah Ini

Lebih lanjut, Didah menjelaskan cara memasak nasi dengan campuran tepung kelapa adalah dengan menggunakan perbandingan takaran 4:1. Jadi, jika memasak empat gelas beras maka campuran tepung kelapanya sebanyak satu gelas. Setelah itu tambahkan air sehingga beras dan tepung terendam, selanjutnya masak seperti biasanya. 

Menambahkan tepung kelapa dapat menurunkan indeks glikemik nasi yang awalnya 89 menjadi 49. Angka ini sudah masuk dalam kategori rendah. Selain menggunakan tepung kelapa sebagai alternatif pencegahan dan pengobatan, penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi banyak sayur, buah, kemudian berolahraga dan tidak merokok.

Baca juga: Orang Lain Takut Kelebihan Gula, Prilly Latuconsina Kurang Gula

Meski menurunkan indeks glikemik, ahli gizi klinis, Cindy Pudjiadi mengingatkan agar tidak mengkonsumsi nasi campur tepung kelapa secara berlebihan. “Porsi harus diperhatikan. Glikemik rendah bukan berarti bisa nambah, semua harus sesuai dengan kebutuhan,” ujar Cindy.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."