Coba Telur Angsa, Ukuran dan Nutrisinya 3 Kali Lebih Banyak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Telur angsa. TEMPO | Yayuk Widiyarti

Telur angsa. TEMPO | Yayuk Widiyarti

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Telur angsa bukan makanan biasa. Ukurannya sekitar tiga kali lebih besar dibanding telur ayam. Cangkang telur angsa juga jauh lebih keras serta rasanya lebih legit dan aromanya kuat dibanding telur ayam negeri.

Mengutip Live Strong, telur angsa mengandung nutrisi yang bagus untuk tubuh. Sebutir telur angsa dengan bobot sekitar 144 gram memiliki 266 kalori, 20 gram protein, 20 gram lemak, dan 2 gram karbohidrat. Bandingan dengan sebutir telur ayam dengan berat 50 gram yang mengandung 72 kalori, 6 gram protein, 4,75 gram lemak, dan 0,36 gram karbohidrat.

Telur angsa juga merupakan sumber karotenoid yang baik. Karotenoid merupakan sejenis antioksidan yang dapat menjaga kesehatan mata dan kulit. Telur angsa memiliki 379 miligram kolin, nutrisi yang masuk kelompok vitamin B. Kolin memegang peranan penting dalam pengembangan sel dan jaringannya. Kurangnya kolin dapat memicu penyakit hati, pengerasan arteri, dan fungsi saraf.

Ilustrasi telur angsa. theguardian.com

Hanya saja, telur angsa mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Jika satu orang membutuhkan konsumsi 300 miligram kolesterol dalam sehari, satu butir telur angsa memiliki 1.227 miligram kolesterol. Singkatnya, satu butir telur angka dapat mencukupi kebutuhan kolesterol selama empat hari.

Sebelum dimakan, telur angsa bisa direbus, digoreng, diorak-arik, dan diolah sebagaimana telur pada umumnya. Memang tak mudah mendapatkan telur soang ini karena tak setiap supermarket atau toko telur memilikinya.

Mengenai penyimpanan, telur angsa yang kulitnya keras ternyata mempengaruhi daya tahannya. Seperti dilansir Organic Authority, telur angsa yang cangkangnya berwarna putih lebih tahan lama dan bisa disimpan di lemari es sekitar 6 miggu. Setelah dibuka, rasio kuning telur angsa lebih banyak dari bagian putihnya.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."