Khasiat Wijen untuk Mencerahkan Kulit dan Pertumbuhan Rambut

Ilustrasi biji wijen. shutterstock.com

Kecantikan

Khasiat Wijen untuk Mencerahkan Kulit dan Pertumbuhan Rambut

Jumat, 19 Januari 2018 06:18 WIB
Reporter : Antara Editor : Yunia Pratiwi

TEMPO.CO, Jakarta - Wijen memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kecantikan. Kandungan antioksidan di dalamnya berperan sebagai zat antipenuaan, sedangkan asam lemak omega bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. 

Menurut ahli nutrisi dari India, Nmami Agarwal, wijen bisa membantu mencerahkan kulit dan memulihkan kondisi kulit. Bahan makanan ini dapat menjaga kulit tetap hangat dan lembap. Selain itu wijen juga mengandung zat penangkal radang yang penting untuk menyembuhkan kemerahan dan jaringan kulit wajah lain dengan menyingkirkan patogen dan agen lainnya yang menyebabkan infeksi kulit.

Coba campurkan satu sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan biji wijen bubuk. Aplikasikan campuran ini ke wajah yang telah dibasahi. Lakukan ini sekali atau dua kali seminggu.

Tidak hanya untuk kulit, wijen juga bermanfaat untuk rambut. Ahli nutrisi mengatakan, wijen juga bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut, karena menutrisi akar dengan kandungan asam lemak omega.  Biji yang biasanya berwarna putih itu juga membantu melembapkan kulit kepala dan memperbaiki sirkulasi darah sehingga folikel rambut muda kembali. 

Tambahkan dua sendok teh minyak biji wijen, lalu 2-3 tetes minyak rosemary dan satu sendok makan gel lidah buaya. Aplikasikan campuran bahan ini pada kulit kepala dan pijat perlahan. Setelah itu bilas rambut dengan shampoo dan conditioner. Lakukan cara ini dua atau tiga kali seminggu. 

Baca juga:Rianti Cartwright Rawat Kulit dengan Cukup Tidur dan Jauhi StresSuntik Filler Makin Populer, Hasil Instan dan Tidak SakitBukan Operasi Plastik, Ini Cara Katy Perry Percantik Diri

Dibandingkan jenis biji-bijian lain, wijen sangat baik dikonsumsi. Makanan ini bisa membantu menyingkirkan plak di gigi dan meningkatkan kesehatan mulut. Selain itu, ada efek mengurangi konstipasi dan bermanfaat bagi orang yang sedang menjalani perawatan radiasi karena kanker. 

Komponen dalam wijen seperti magnesium membantu menjaga kadar insulin dan glukosa, serta mengurangi risiko seseorang terkena diabetes. Kandungan magnesium juga bisa mengurangi hipertensi. Kandungan anti-penuaan wijen menutrisi kulit dan membantu mencegah pertumbuhan uban. Lalu, antioksidan dan SPF alami dalam wijen bisa membantu menjaga kulit dari sinar ultraviolet matahari dan radikal bebas. 

Tapi ingat, gunakanlah wijen dalam jumlah cukup. Mengutip Indian Express, pemakaian terlalu banyak tak bagus untuk kesehatan. 

ANTARA