Malas Makan Saat Radang Tenggorokan, Lawan dengan 4 Buah Berikut

Banyak cara dilakukan orang untuk meringankan radang tenggorokan, seperti berkumur dengan larutan air garam, atau mengonsumsi permen pelega tenggorokan. Namun, langkah itu hanya melegakkan tenggorokan.

Kecantikan

Malas Makan Saat Radang Tenggorokan, Lawan dengan 4 Buah Berikut

Rabu, 17 Januari 2018 06:24 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yunia Pratiwi

TEMPO.CO, Jakarta - Salah satu penyakit yang sering datang di musim penghujan adalah flu, batuk, dan juga radang tenggorokan. Khusus radang tenggorokan, penyakit ini membuat penderitanya malas makan karena kesulitan untuk menelan akibat tenggorokan yang terasa sangat tidak nyaman dan juga sakit.

Radang tenggorokan ini biasanya disebabkan oleh makanan dan minuman yang dingin dan dikonsumsi secara terus menerus, ditambah dengan faktor cuaca, dan sistem imun tubuh yang sedang menurun. Radang tenggorokan menjadi salah satu penyakit yang kerap kali datang bersamaan dengan batuk.

Baca juga: Gal Gadot Jadi Wonder Woman, Ini Diet dan OlahraganyaBerat Badan Sulit Turun Setelah Hamil, Tiru Cara Seleb Berikut

Jika sedang mengalami radang tenggorokan, berikut ini adalah buah-buahan yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi radang tenggorokan.

PisangPisang bisa bantu atasi radang tenggorokan (dok. photographyfirm) Pisang bisa bantu atasi radang tenggorokan (dok. photographyfirm)

Selain karena teksturnya yang lembut sehingga mudah untuk ditelan, buah pisang juga akan membantu proses penyembuhan radang tenggorokan. Hal ini karena buah pisang mengandung vitamin B6, vitamin C, dan kalium yang tinggi.

NanasNanas kaya akan vitamin C (dok. unsplash) Nanas kaya akan vitamin C (dok. unsplash)

Nanas mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cara mengkonsumsinya dengan mengolah nanas menjadi jus, lalu istirahatlah selama kurang lebih 1 hingga 2 jam agar kandungan dalam buah nanas dapat bekerja dengan optimal.

Jeruk nipisKalau jeruk nipis kalian pasti tahu kan gunanya? (dok. unsplash)Kalau jeruk nipis kalian pasti tahu kan gunanya? (dok. unsplash)

Nah, kalau buah yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk para penderita radang tenggorokan. Jeruk nipis seringkali menjadi salah satu solusi yang diberikan untuk permasalahan radang tenggorokan. Hal ini karena jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu pemulihan daya tahan tubuh, mengurangi pembengkakan pada kelenjar tenggorokanmu, dan memberikan rasa lega pada tenggorokan.

Cara mengkonsumsi jeruk nipis untuk mengatasi radang tenggorokan adalah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok makan madu murni, aduk hingga rata, lalu minum.

BelimbingBelimbing bisa bantu kamu saat alami radang tenggorokan (dok. livestrong) Belimbing bisa bantu kamu saat alami radang tenggorokan (dok. livestrong)

Buah belimbing dapat mengurangi peradangan dan mengurangi sensasi panas yang timbul di dalam tenggorokan kita. Kamu dapat mengkonsumsi buah belimbing secara langsung atau dengan diolah menjadi jus.

TEEN