Bisa Kok Olahraga Sambil Duduk, Ikuti Gerakan Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wanita duduk menyilangkan kaki. shutterstock.com

Ilustrasi wanita duduk menyilangkan kaki. shutterstock.com

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Buat kamu yang setiap hari bekerja sambil duduk, coba gerakkan sedikit tubuhmu agar tak kaku. Selingi aktitas duduk dengan gerak badan supaya otot kuat dan lentur, serta peredaran darah lancar. Gerak badan bahkan tak perlu dilakukan sambil berdiri atau berjalan. Cukup duduk manis dan ikuti enam gerakan berikut ini.

Sebelum memperagakannya, pastikan kursi yang kamu duduki kokoh dan aman. Hindari kursi kantor beroda ketika olahraga demi menghindari kursi bergeser tiba-tiba dan memicu cedera.

1. Seated Single Leg

Otot kaki cenderung lembek jika jarang digunakan untuk kegiatan berjalan. Kencangkan otot kaki dengan gerakan seated single leg. Awali dengan duduk tegap dan kedua kaki memijak tanah. Angkat salah satu kaki dan luruskan hingga sama tinggi dengan paha. Lakukan secara bergantian dan ulangi 15-20 kali. Otot kakimu tidak hanya lebih kencang namun juga lentur.

2. Armed Stretch Forward

Kamu pasti sering melakukannya ketika tubuh kaku karena terlalu lama duduk. Namun pastikan kamu melakukannya dengan benar. Sebab, peregangan ini ditujukan untuk tulang belakang yang berfungsi menunjang postur tubuh. Cara mempraktikkan gerakan ini dengan merekatkan kedua tangan sambil mendorongnya ke arah depan, hingga kedua tangan lurus dengan bagian telapak menghadap ke arah luar tubuh. Jaga punggung tetap tegap. Tahan gerakan ini selama 5 kali tarikan napas.

3. Seated Knee Tucks

Perut buncit bisa dicegah dengan gerakan seated knee tucks. Tidak semudah kelihatannya, gerakan ini ampuh memperkuat bagian atas dan bawah perut serta bisa dilakukan sambil duduk. Langkah pertama, gunakan kedua tangan untuk menggenggam pinggiran kursi sebagai tumpuan. Rebahkan badan sedikit hingga punggung hampir menyentuh sandaran kursi. Pada saat bersamaan, angkat kedua kaki dalam keadaan tertekuk. Luruskan kaki sejauh dan setinggi mungkin. Ulangi selama 10 kali.

4. Staff Pose

Gerakan ini cocok untuk merilekskan bagian leher, bahu, dan lengan. Mulailah dengan duduk tegap di bagian ujung kursi. Letakkan kedua tangan di sisi kiri dan kanan tubuh dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Angkat sisi kiri dan kanan pinggang serta rilekskan bahu. Tarik dagu menjauh dari leher hingga tatapan lurus ke depan. Tahan posisi ini sampai 5 tarikan napas.

5. Eagle Arms

Salah satu gerakan yoga ini bermanfaat meregangkan otot bahu dan leher yang kaku. Pastikan posisi duduk tegap sebelum memulai latihan. Setelahnya, silangkan lengan kanan pada lengan kiri Anda hingga kedua telapak saling bertemu. Posisikan lengan sejajar bahu dan tarik lengan menjauh dari telinga. Tahan posisi ini hingga 5 kali tarikan napas, kemudian ganti posisi lengan.

6. Seated Crunch

Latihan ini mirip gerakan sit-up yang melatih otot perut. Punya manfaat yang sama, seated crunch dilakukan sambil duduk. Pertama, duduk tegap di ujung kursi dan letakkan kedua tangan di belakang kepala. Angkat lutut kiri dan tekuk bagian torso hingga sikut kanan hampir menyentuh lutut kiri yang terangkat. Lakukan gerakan yang sama pada lutut kanan dan sikut kiri. Ulangi secara bergantian hingga 1 menit.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."