Adu Pedas, Coba Resep Sate Taichan Sambal Matah

Resep Sate Taichan Sambal Matah. Tabloidbintang

Kuliner

Adu Pedas, Coba Resep Sate Taichan Sambal Matah

Kamis, 4 Januari 2018 14:51 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

TEMPO.CO, Jakarta - Sate taichan terkenal dengan bumbunya yang super-pedas. Nah, salah satu jenis sambal yang tak kalah pedas dan cocok dipadukan dengan sate taichan adalah sambal matah. Baca juga: Bikin Thai Tea Sendiri di Rumah, Coba Resep Berikut

Sate taichan yang biasanya berwarna pucat ini akan lebih berwarna karena sambal matah terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, sereh, dan lainnya. Tampilan sate lebih menggoda dan harum.

Resep membuat sate taichan sambal matah ini juga terbilang mudah dan lebih cepat ketimbang membuat bumbu kacang. Kalau bosan dengan daging ayam, ibu bisa menggantinya dengan cumi-cumi, udang, usus, telur, dan bahan lainnya.

Bahan:- 250 gram fillet dada ayam, potong dadu- 2 sdm air jeruk nipis- 1 sdm kaldu ayam bubuk- Minyak goreng secukupnya

Bahan sambal matah:- 15 butir bawang merah, iris halus- 3 siung bawang putih, cincang halus- 10 buah cabai rawit merah, iris halus- 3 batang serai, ambil bagian putihnya, iris halus- 5 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya, iris halus- 2 buah jeruk nipis, ambil airnya- 1/2 sdt terasi, bakar dan haluskan- 1/2 sdt garam- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat sate:- Marinasi daging ayam dengan perasan jeruk nipis, sedikit minyak goreng, dan kaldu ayam bubuk. - Diamkan selama 30 menit, sampai bumbu meresap.- Tusukkan daging ayam ke tusuk sate lalu bakar sampai ayam berubah warna. - Olesi dengan minyak sampai matang, sisihkan.

Cara membuat sambal matah:- Campur semua bahan yang sudah diiris, beri terasi halus, aduk rata.- Panaskan minyak goreng, matikan api. - Masukkan campuran minyak goreng panas-panas, tambahkan garam dan air jeruk nipis.

Sajikan sate bersama sambal matah.Hasil: 20 tusuk

TABLOIDBINTANG