Sandra Dewi Melahirkan, Butuh Waktu Setahun untuk Pulih Benar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Sandra Dewi menghadiri peluncuran aplikasi Teman Bumil, di Jakarta, Kamis 29 November 2017. TEMPO/Nia Pratiwi

Sandra Dewi menghadiri peluncuran aplikasi Teman Bumil, di Jakarta, Kamis 29 November 2017. TEMPO/Nia Pratiwi

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Sandra Dewi melahirkan bayi laki-laki pada Minggu, 31 Desember 2017, pukul 09.30. Bayi tampan bernama Raphael Moeis itu lahir melalui persalinan normal.

Baca juga:
Sandra Dewi Melahirkan Disaksikan Banyak Orang, Perlu Didampingi

Saat melahirkan, Sandra Dewi didampingi oleh suaminya, Harvey Moeis, ayah dan ibunya, serta adiknya, Kartika Dewi. Pendampingan selama melahirkan sangat dibutuhkan oleh ibu untuk menyemangati sekaligus memberikan kekuatan.

Pendampingan juga diperlukan sepanjang masa pemulihan setelah melahirkan. Para peneliti di Universitas Salford menyatakan seorang perempuan yang baru bersalin butuh waktu istirahat setahun untuk memulihkan diri. Pemimpin penulis penelitian, Dr Wray mengatakan banyak ibu yang baru melahirkan dan sedang menyusui ingin waktu istirahat yang lebih lama.

Anak Sandra Dewi dan Harvey Moeis, Raphael Moeis. Instagram

Sebelumnya Sandra Dewi mengatakan ingin mengambil cuti selama 40 hari setelah melahirkan. Sebab menurut dia, masih banyak pekerjaan yang harus ia tuntaskan pada Februari 2018. "Kalau orang kantor cutinya 3 bulan, atau ada perusahaan yang empat bulan, saya boro-boro. Aku udah bilang, boleh enggak cuti 40 hari," ujar Sandra Dewi di kawasan SCBD, Jakarta Selatan pada Rabu 13 Desember 2017.

Dr Wray menjelaskan, dalam wawancaranya dengan beberapa ibu baru, mereka sulit kembali bekerja setelah masa cuti melahirkan selama 2 bulan berakhir. Sebab, tubuh mereka masih dalam masa pemulihan, bahkan masih dirasakan hingga 60 hari pasca-melahirkan. Beberapa ibu menderita trauma mental dan emosional, termasuk depresi, stres, kegelisahan, rasa lelah, dan ketidaknyamanan fisik yang terus berlangsung selama 6-7 bulan setelah bersalin.

Menurut penelitian lainnya yang dimuat di International Journal of Obstetrics & Gynaecology pada 2015 menunjukkan, kondisi tubuh yang dirasakan para ibu setelah melahirkan adalah sakit punggung, cedera otot, dan sobek di anus. Dr Wray menyebutkan layanan medis pasca-melahirkan selama 6-8 bulan setelah bersalin sangat penting.

DAILYMAIL | PIPIT

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."