Ikan Bakar buat Tahun Baru 2018, 3 Tips Pilih Ikan yang Sehat

Ilustrasi ikan segar. ANTARA/Darwin Fatir

Kuliner

Ikan Bakar buat Tahun Baru 2018, 3 Tips Pilih Ikan yang Sehat

Senin, 1 Januari 2018 11:00 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

TEMPO.CO, Jakarta - Ikan bakar, jagung bakar, dan aneka hidangan yang diolah dengan cara dibakar menjadi pilihan menarik untuk merayakan tahun baru. Membakar bahan makanan membutuhkan kerja sama. Mulai dari menyiapkan arang dan menyalakan tungku pembakar, membersihkan bahan makanan yang hendak dibakar, mengipasi sampai matang, menyiapkan sambal, sampai menyajikan, dan makan ramai-ramai.

Baca juga:Resep Ikan Kod Berbalur Saos Lemon

Salah satu menu bakar-bakaran yang disukai adalah ikan, misalnya gurame, bawal, dan baronang. Ketika hendak membeli ikan di pasar tradisional maupun supermarket, pilih ikan yang masih segar supaya rasanya gurih dan dagingnya tebal saat disantap. Seperti apa ciri-ciri ikan segar? Simak tips berikut:

1. WarnaPerhatikan warna kulit atau sisik ikan. Pilih ikan yang rona kulitnya cerah dan insangnya berwarna merah segar dengan kondisi tidak kering.

2. KepadatanCoba tekan badan ikan. Bila terasa keras dan tidak mudah robek artinya ikan tersebut masih segar. Perhatikan juga apakah tubuh atau daging ikan bisa kembali ke bentuk semula setelah ditekan sebagai petunjuk ikan masih bagus.

3. Kondisi keseluruhanJangan lupa untuk memperhatikan kondisi ikan secara keseluruhan. Pastikan kulitnya masih mengkilap dengan sirip kuat. Cek juga bagian matanya. Ikan segar memiliki mata agak menonjol dan jernih.

TABLOIDBINTANG