Trik Menyegarkan Tampilan Rumah di Tahun Baru

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wallpaper. Pxhere.com

Ilustrasi wallpaper. Pxhere.com

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Banyak orang menjadikan momen Tahun Baru sebagai momen memperbarui rumah tempat tinggal. Tentu saja, bukan berarti mengganti rumah dengan yang baru atau renovasi besar - besaran.

Ada cara hemat untuk membuat rumah lama terasa lebih segar di tahun yang baru. Tidak perlu sampai keluar uang banyak dengan melakukan cara-cara berikut ini.

1. Lakukan perbaikan kecil
Periksa menyeluruh kondisi furnitur. Copot dan ganti paku atau engselnya yang rusak dan berkarat. Gunakan compound untuk menambal retak atau lubang pada furnitur kayu, terutama jika Anda ingin mengecat ulang. Cek juga furnitur kayu Anda, apakah ada tanda kerusakan oleh rayap. Jika ada, cegah dari kerusakan yang lebih parah dengan menyemprot atau melapisnya dengan cairan antirayap. 

2. Perbaiki laminate yang lepas
Setelah 2-3 tahun penggunaan, laminate (HPL) pada furnitur biasanya mulai lepas. Khususnya pada ujung atau sudut furnitur. Apalagi jika sering terkena air atau lembap. Segera perbaiki sebelum kerusakan parah. Dengan begitu, Anda akan punya furnitur yang tampil baru dan lebih awet.

Baca juga:
Produk Make Up yang Wajib Dibawa Saat Liburan
Libur Panjang Kamu Masih Kerja, Tetap Fokus dengan 7 Cara Berikut
Marlene Dietrich Senang Pakai Busana Pria, Agar Lebih Menggoda

(Depositphotos)

3. Mengecat ulang furnitur
Furnitur berbahan kayu atau besi umumnya menggunakan cat berbahan dasar minyak. Cat ini memberi efek kilap. Bersihkan cat lama pada furnitur yang akan dicat dengan ampelas agar hasil pengecatan lebih baik. Lepas dahulu handle dan kenop untuk memudahkan pengecatan kabinet. Dengan begitu, furnitur lama pun siap tampil dengan wajah baru.

4. Aplikasi stiker dekoratif
Tempel stiker dekoratif jika Anda mulai bosan pada penampilan furnitur yang sudah lama ada di rumah. Maka, penampilan baru pun didapat dengan cara instan. Terlebih, pola dan warna stiker dekoratif kini semakin beragam. Bahkan Anda bisa memesan desain khusus dengan mudah di toko online.

TABLOIDBINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."