Libur Panjang Kamu Masih Kerja, Tetap Fokus dengan 7 Cara Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi bekerja cerdas. Shutterstock

Ilustrasi bekerja cerdas. Shutterstock

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Kita sering kesulitan untuk tetap fokus bekerja pada hari biasa. Namun bekerja di saat sebagian besar rekan di kantor bersenang-senang karena libur panjang menjadi tantangan tersendiri. Selain gangguan sehari-hari yang kita hadapi sepanjang tahun, seperti rekan kerja yang sering mengajak bergosip, drama kantor, musim libur juga berpotensi mengganggu konsentrasi kerja.

Baca juga:
Libur Panjang Awas Berat Badan Melonjak, Ikuti Tips Berikut

Mencoba untuk fokus pada pekerjaan saat godaan musim liburan mungkin sulit. Tapi ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan agar tetap jernih mengerjakan tugas, seperti dikutip dari Bustle. Yang terpenting adalah mencari keseimbangan antara produktivitas kerja dan liburan yang menyenangkan.

1. Buat daftar pekerjaan
Buatlah daftar, bukan hanya berisi pekerjaan tapi juga non pekerjaan. Misalnya, jadwal bersama keluarga dan teman, membuat anggaran untuk hadiah, rencana perjalanan, dan sebagainya. Cara ini dapat membuatmu Anda melihat kebutuhan waktu dan energi yang diperlukan.

2. Apa yang penting dan tidak
Setelah mengatur diri sendiri, memprioritaskan tugas dapat mengetahui apa yang benar-benar harus dilakukan. Selanjutnya tinggal fokuskan energi pada hal itu.

3. Pisahkan waktu bekerja dan keluarga
Banyaknya tugas yang harus dilakukan dapat membuat kehidupan kantor dan keluarga berantakan. Tapi saat ini, sangat penting untuk fokus pada pekerjaan saat bekerja, dan urusan keluarga ketika berada di rumah. Kadang Anda tergoda membuat perencanaan liburan di meja kerja, atau membawa pulang tugas dari kantor. Cobalah untuk menjaga kedua wilayah ini tetap terpisah.

Ilustrasi karyawati sedang sibuk bekerja. shutterstock.com

4. Jangan sungkan menolak
Anda mungkin mendapatkan banyak tambahan tugas di akhir tahun ini karena sebagian rekan cuti. Membantu boleh-boleh saja. Tapi jika merasa tidak sanggup menyelesaikannya, segera sampaikan kepada atasan. Tolaklah dengan sopan segala tambahan tugas itu karena membuat hidupmu menjadi tak seimbang.

5. Jangan ubah meja kerja
Anda dapat memasang dekorasi liburan di rumah. Tapi usahakan meja kerja tetap rapi dan bersih, serta jauh dari pernik liburan.

6. Fokus pada satu pekerjaan
Semakin sibuk, semakin besar pula keinginan untuk melakukan semua pekerjaan sekaligus. Namun sebenarnya multitasking itu buruk untuk produktivitas. Seperti yang ditulis oleh Douglas Merrill untuk Forbes, pekerjaan multitasking cukup bagus saat kita melakukan hal-hal yang tidak memerlukan banyak pemikiran, seperti mencuci piring dan mengobrol di telepon. Tapi ketika kita mengerjakan tugas yang harus mikir, cara ini tidak efektif.

7. Nikmati sedikit suasana liburan
Pasti ada waktu istirahat selama bekerja. Ambil waktu ini untuk memuaskan diri, misalnya mampir belanja sepulang dari kantor, makan di restoran, dan lainnya. Setelah itu, Anda akan kembali siap bekerja dan menjadi produktif.

NIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."