Makna Bunga Anggrek Bulan dari Jokowi untuk Ulang Tahun Megawati ke-77

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Presiden Jokowi mengirim karangan bunga ke kediaman Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Selasa (23/1/2024). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

Presiden Jokowi mengirim karangan bunga ke kediaman Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Selasa (23/1/2024). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengirim karangan bunga pada hari ulang tahun Ke-77 Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Selasa, 23 Januari 2024. Karangan yang berisi bunga anggrek bulan berwarna ungu, mawar putih, lili dan baby breath tiba di kediaman Megawati, Jl. Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Ada pula ucapan singkat dari Presiden Jokowi di atas karangan bunga itu. "Selamat ulang tahun Ibu Megawati Soekarnoputri. Dari: Presiden Joko Widodo," tulis pesan di karangan bunga itu.

Melansir laman Threebouqets, bunga yang memiliki nama latin Orchidaceae ini sudah dikenal oleh orang-orang zaman Yunani kuno yang mencintai bunga anggrek dengan sangat hormat dan memiliki arti khusus untuk setiap ukuran bunga-bunga yang menakjubkan ini.

Bunga anggrek ungu melambangkan kekaguman, martabat, rasa hormat, kesetiaan, dan harga diri. Bunga anggrek ungu juga sering dianggap sebagai simbol kerajaan dan kekayaan. 

Menurut laman Outerbloom, arti bunga anggrek antara lain: 

Kesuburan: menurut kepercayaan Yunani Kuno, mengonsumsi bunga anggrek dapat menentukan jenis kelamin dari anak yang dikandung. Hal ini membuat karangan atau buket bunga anggrek sangat cocok untuk dijadikan hadiah bagi pasangan yang menantikan momongan atau untuk pasangan Anda yang sedang mengandung.

Kemewahan: di Era Viktoria, bunga anggrek diasosiasikan dengan kemewahan karena pada masa ini hanya orang yang kaya raya yang mampu membeli bunga ini. Hingga saat ini, bunga anggrek masih berkonotasi dengan kemewahan bersamaan dengan keeksotisannya.

Kesempurnaan dan Keindahan: dengan bentuk bunganya yang simetris dan warna yang indah membuat bunga anggrek menjadi simbol dari kesempurnaan dan keindahan. Di Era Viktoria, bunga anggrek juga menjadi simbol untuk wanita cantik sehingga karangan atau buket bunga anggrek ini cocok untuk diberikan kepada pasangan Anda.

Cinta: bunga anggrek juga menjadi simbol untuk cinta dan afeksi. Kemampuannya untuk tumbuh di mana pun dan kekuatannya untuk berkembang dalam keadaan apa pun membuat bunga anggrek menjadi simbol akan cinta yang tangguh dan kuat.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan Megawati peringati hari kelahirannya ini secara sederhana. Menurutnya, Presiden Ke-5 itu hanya menerima orang-orang terdekatnya saja.

"Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, ulang tahun Ibu Megawati diadakan secara sederhana, dan dihadiri oleh keluarga dan sahabat dekat beliau," ujar Hasto dalam keterangannya di Jakarta.

Tak hanya itu, seluruh kader PDIP di berbagai daerah juga merayakan ulang tahun Megawati dengan kegiatan kebudayaan. Hasto mengatakan para kolega-nya akan membagikan tumpeng untuk masyarakat hingga melakukan penanaman pohon.

Pilihan Editor: Megawati Ulang Tahun ke-76, Ini Pesan Cinta dari Puan Maharani

ANTARA | OUTERBLOOM | THREE BOUQUETS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."