Ketahui Bentuk Wajah yang Paling Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wajah wanita yang mulus bersih dan segar. shutterstock.com

Ilustrasi wajah wanita yang mulus bersih dan segar. shutterstock.com

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Bentuk wajah setiap orang berbeda. Ada yang oval, bulat telur, bulat, agak kotak dengan bentuk rahang yang tegas, dan lainnya. Sebuah penelitian dalam jurnal Frontiers in Psychology menunjukkan kalau bentuk wajah mencerminkan sehat tidaknya seseorang.

Baca juga:
Bahaya Scrubbing Wajah dengan Gula, Kulit Tipis
2 Kunci Utama Agar Kulit Wajah Sehat dan Cantik

Dalam studi tersebut, peneliti menganalisis gambar wajah dari berbagai ras. Mereka mengamati foto 50 orang asia, 50 orang dengan ras kaukasia, dan 97 ras afrika. Foto diambil dengan posisi wajah menghadap kamera dan ekspresi netral.

Selain mengamati bentuk wajah, peneliti juga memeriksa indeks massa tubuh atau BMI, persentase lemak tubuh, dan tekanan darah para partisipan. Hasil pemeriksaan itu kemudian diolah untuk mengetahui aspek kesehatan fisiologis yang mendasarinya.

Ilustrasi wanita cantik berwajah bersih. shutterstock.com

"Kami menemukan, sebagian besar partisipan yang wajahnya berbentuk oval memiliki kadar lemak tubuh yang rendah, indeks massa tubuh sesuai, tekanan darah normal, dan mereka lebih sehat," kata Dr Ian Stephen, penulis studi dari Macquarie University di Sydney, Australia, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Para peneliti berharap temuan ini dapat berkembang menjadi salah satu indikator dalam mendiagnosis kondisi kesehatan berdasarkan wajah pasien.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."