Gaya Parenting ala Chelsea Olivia, Jangan Pernah Membandingkan Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Chelsea Olivia/Foto: Instagram/Chelsea Olivia

Chelsea Olivia/Foto: Instagram/Chelsea Olivia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tua memiliki gaya parenting masing-masing, begitu pula dengan Chelsea Olivia Wijaya atau akrab disapa Chelsea Olivia. Ibu dua anak Nastusha Olivia Alinskie dan Dante Oliver Alinskie mengatakan baginya dalam setiap fase kehidupan anak sejak ia lahir hingga tumbuh dan berkembang membuatnya selalu belajar. 

"Parenting itu enggak ada yang saklek, ya, semuanya belajar terus. Kaya misal aman sekarang aku sangat bersyukur banyak komunitas-komunitas orang tua di media sosial yang bisa saling support, lalu dari bantuan profesional juga tersedia. Kalau zaman dulu mungkin masih dianggap tabu misal konsul ke psikolog," ucap Chelsea Olivia usai ditemui di acara #ShareTheCare: Dukung Ibu dengan Berbagi Kepedulian bersama Philips AVENT, Sabtu, 1 Juni 2024. 

"Kalau untuk zaman sekarang memang aku, sih, rekomendasikan setiap fase tahapan tumbuh kembang anak dikonsultakan sama ahli. Kita juga harus ke profesional supaya in line kebutuhannya, itu supaya kita enggak selalu dengar katanya harus begini lho kata teman saya harus begini dan sejenisnya." 

Gaya parenting ala Chelsea Olivia sendiri ialah tidak membandingkan tumbuh kembang dan fase mereka, karena setiap anak kan memiliki milestone yang berbeda sehingga kita tidak bisa mempraktikkannya di setiap anak.  "Sebagai contoh mengapa anak kita GTM, oh mungkin karena anak misalkan nih makanannya kurang variasi. Kayak pengalaman aku anak pertama sama anak kedua saja itu berbeda-beda gitu, menurut aku parenting itu sangat challenging," imbuh istri Glenn Alinskie ini.

Oleh sebab itu, lanjut Chelsea, sebagai orang tua mesti memahami kondisi anak seperti apa dan jangan pernah membandingkan anak kita dengan orang lain sebab akan sangat berpengaruh pada kondisi mereka dan tentu saja orang tuanya. 

"Kita akan merasa gagal sebagai perempuan “nih dia aja 6 bulan bisa kan kita sebagai perempuan ya melahirkan badannya sudah kurus, kok aku enggak kurus-kurus?” kayak gitu atau “anak dia makannya lahap banget, kok anak aku enggak? Apa masakan aku enggak enak?” 

Menurut Chelsea setiap ibu pasti yang pasti tahu yang terbaik tentang anaknya dan tidak ada ada salahnya kalau misalnya kita ikut komunitas-komunitas yang aktif, bertanya kepada yang profesional, banyak-banyak baca buku juga karena sekarang banyak sekali buku tentang parenting. "Dan aku tekan lagi jangan pernah membandingkan cara kita mengasuh anak sama orang lain gitu, sih." 

Pilihan Editor: Perhatian Suami saat Chelsea Olivia Usai Melahirkan, dari Membuat Susu hingga Pijat Rileks

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."