Profil dan Perjalanan Karier Alexandra Askandar hingga Menjadi Wakil Direktur Utama Bank Mandiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Wakil Direktur Utama atau Wadirut Bank Mandiri, Alexandra Askandar/Foto: Doc. Pribadi

Wakil Direktur Utama atau Wadirut Bank Mandiri, Alexandra Askandar/Foto: Doc. Pribadi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Alexandra Askandar adalah Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Ia dipilih melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada Oktober 2020. 

Sebelum menjadi Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Alexandra Askandar lebih dulu menjabat sebagai Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri pada 2018 sampai 2019. Kemudian pada 2019 sampai 2020, dirinya menduduki jabatan Direktur Corporate Banking.

Profil dan Awal Karier Alexandra Askandar

Alexandra Askandar merupakan lulusan Sarjana Ekonomi Universitas Indonesia (UI) dan MBA dari Boston University (Amerika Serikat). Ia adalah anak dari Askandar, salah seorang bankir senior Indonesia. 

Mengutip laman Srikandi BUMN, Alexandra sudah berkarier di Bank Mandiri sejak 2000. Ia mengawali karier sebagai Assistant Vice President, kemudian Vice President Coporate Banking hingga 2008.

Pada 2009, Alexandra melanjutkan karier sebagai Senior Vice President di Corporate Banking. Posisi ini ia tempati sampai 2016.

Pada tahun-tahun berikutnya, Alexandra menduduki posisi Senior Executive Vice President. Di tahun 2018 ia sempat menjabat sebagai Komisaris PT Mandiri Sekuritas.

Sebagai bankir, Alexandra Askandar termasuk salah satu sosok cemerlang di dunia perbankan Indonesia. Menteri BUMN RI, Erick Thohir menilai Alexandra sebagai salah satu wanita bertalenta terbaik yang dimiliki BUMN.

Cara Alexandra Menjaga Work Life Balance

Tidak mudah agar tetap menjaga keseimbangan atau dikenal dengan work life balance dalam bekerja. Namun, bagi Alexandra Askandar menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi merupakan hal yang penting.

"Meskipun posisi saya saat ini membutuhkan banyak waktu dan energi. Saya mengutamakan waktu berkualitas dengan keluarga dengan menetapkan batasan dan mengalokasikan waktu khusus untuk mereka dalam jadwal saya," ucap Xandra, sapaan akrabnya melalui keterangan tertulis, Selasa, 16 April 2024 

Selain itu, cara lainnya ialah Xandra juga melakukan delegasi tugas secara efektif di tempat kerja dan memberdayakan timnya untuk menangani tanggung jawab secara mandiri, sehingga ia dapat fokus pada komitmen pribadi saat diperlukan.

Menurut dia sangat penting punya batasan dalam bekerja dan waktu untuk merawat diri, baik melalui olahraga, hobi, atau teknik relaksasi, untuk mengisi ulang dan menyegarkan diri di luar jam kerja.

Dia memiliki tips untuk dalam menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, adalah berkomunikasi secara terbuka dengan rekan kerja dan anggota keluarga tentang prioritas dan batasan.

"Ingatlah bahwa keseimbangan bukanlah tentang kesempurnaan tetapi lebih tentang menemukan harmoni antara pekerjaan dan kehidupan pribadi yang terbaik untuk Anda dan orang-orang terkasih," imbaunya. 

Itulah profil dan perjalanan karier Alexandra Askandar sebagai Wakil Direktur Utama Bank Mandiri.

Pilihan Editor: 5 Fakta Menarik Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri

DELFI ANA HARAHAP | ECKA PRAMITA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."