5 Fakta Menarik Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Alexandra Askandar. Foto: Instagram/@xandra_askandar

Alexandra Askandar. Foto: Instagram/@xandra_askandar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam jajaran pimpinan Bank Mandiri, ada nama Alexandra Askandar. Perempuan kelahiran 1972 itu menjabat sebagai Wakil Direktur Utama Bank Mandiri sejak 2020. Sebelum dipromosikan menjadi orang nomor dua di Bank Mandiri, jabatan terakhir Alexandra adalah sebagai Direktur Corporate Banking (2019).

Dia mengurusi nasabah-nasabah korporasi di perseroan termasuk berkontribusi dalam pengegolan sejumlah kredit sindikasi jumbo untuk proyek-proyek infrastruktur.

Alexandra Askandar meraih gelar sarjana di Universitas Indonesia dan gelar MBA dari Universitas Boston, Amerika Serikat. Dia juga pernah menduduki sejumlah posisi yang cukup penting di Bank Mandiri, yakni sebagai Direktur Hubungan Kelembagaan Senior (2018 - 2019), Executive Vice President Corporate Banking (2016 - 2018), Komisaris PT Mandiri Sekuritas (2011 - 2018).

Selain kilasan singkat soal perjalanan karier, berikut beberapa fakta menarik Xandra untuk mengenal lebih dekat sosoknya.

1. Ibu dari dua putra

Mengulik akun Instagram, Xandra beberapa kali mengunggah potret kebersamaan dengan kedua putranya, Abia Shankara dan Atzel Rayhan. Salah satu momen yang dibagikan Xandra adalah potret liburan ke luar negeri akhir tahun lalu bersama kedua putranya yang sudah beranjak dewasa itu.

Wadirut Bank Mandiri Alexandra Askandar dan kedua putranya, Abia Shankara (kanan) dan Atzel Rayhan, 23 Desember 2023. Foto: Instagram/@xandra_askandar

"Bonding time. Senangnya bisa liburan bareng sama anak-anak yang sudah punya kesibukan masing-masing. Alhamdulillah klop waktunya, meskipun singkat tapi manfaatnya banyak. Kita bisa diskusi tentang banyak hal dan yang pasti kumpul dengan keluarga di manapun akan selalu happy. Teman-teman setuju enggak?" kata Xandra di keterangan Instagram, 26 Desember 2023.

Pada Mei 2023, Xandra juga mengungkapkan kebahagiaannya di hari wisuda kuliah Abia, sang anak sulung. Dia tampak anggun dengan a-line dress coklat muda, serta rambut sebahu. Dia pun menyertakan caption yang menyentuh hati.

"Kami akan selalu mendukung kamu dan kami selalu bangga padamu," tulisnya.

2. Hobi main golf

Sejak aktif di Instagram pada 2020, Xandra juga membagikan sejumlah potret dia bermain golf. Sepertinya olahraga dengan bola kecil dan stik itu menjadi favoritnya. Selain main golf di Jakarta Selatan, dia juga kerap menyambangi lapangan golf yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat. 

Wakil Direktur Utama atau Wadirut Bank Mandiri, Alexandra Askandar/Foto: Doc. Pribadi

Bicara soal busana, Alexandra kerap tampil monokrom. Bukan berarti pula, ia tak pernah memakai baju berwarna cerah ataupun bercorak. Kacamata, topi, sarung tangan menjadi item wajib penampilan sporty-nya di lapangan golf.

3. Batik sogan jadi favoritnya

Xandra juga memiliki ketertarikan terhadap wastra nusantara, khususnya kain sogan. Keindahan dan keunikan motif menjadi daya pikatnya. Setiap pola dan warnanya mengandung makna mendalam dari warisan budaya indonesia, yang secara tak langsung memperkaya pengalaman dia dalam memahami nilai-nilai tradisional yang tercermin dalam karya seni tersebut. 

"Dari segi proses pun, pembuatan kain sogan dilakukan dengan penuh dedikasi. Dengan demikian, setiap helai kain sogan tidak hanya merupakan produk tekstil biasa, melainkan juga sebuah karya seni yang bernilai tinggi dan memperjuangkan kelestarian budaya lokal," ungkapnya pada wawancara tertulis kepada Cantika, Selasa, 16 April 2024. 

Alexandra Askandar/Foto: Doc. Pribadi

Batik Sogan sendiri merupakan salah satu jenis batik bernuansa klasik. Dinamakan batik sogan karena pada awal mulanya, proses pewarnaan batik ini  menggunakan pewarna alami yang diambil dari batang kayu pohon soga. Batik Sogan klasik merupakan jenis batik yang identik dengan daerah keraton Jawa yaitu Yogyakarta dan Solo, motifnya pun biasanya mengikuti pakem motif-motif klasik keraton.

Sogan Yogya dan Solo juga dapat dibedakan dari warnanya. Biasanya sogan Yogya dominan berwarna coklat tua-kehitaman dan putih, sedangkan sogan Solo berwarna coklat-oranye dan coklat. 

4. Koleksi ulos

Selain batik, Xandra juga mengoleksi ulos. Dia mengaku sudah mengenal kain tenun kebanggaan masyarakat Batak itu sejak kecil.

"Ibu saya asli Tapanuli. Jadi, saya sudah mengenal Ulos sedari kecil," katanya kepada Cantika pada 19 Oktober 2022.

Dalam kesehariannya saat itu, dia melihat ibunda dan anggota keluarga lainnya mengenakan kain ulos di berbagai kesempatan. Seiring berjalan waktu, dia pun terpikat dengan Ulos.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Alexandra Askandar ditemui usai peragaan busana Tobatenun: Parompuan & Ulos di La Moda, Plaza Indonesia, pada Rabu, 19 Oktober 2022. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Alexandra mengaku ada beberapa kain Ulos yang diwariskan dari ibunda tercinta. Dia juga kerap membeli kain Ulos untuk menambah ragam koleksinya, yang dominan bernuansa gelap.

"Saat ini, sebagian besar Ulos saya yang bernuansa gelap-gelap seperti hitam atau merah. Mungkin ke depannya, saya akan menambah koleksi Ulos warna-warna pastel seperti yang kita lihat di peragaan busana tadi," ujarnya dengan senyum ramah. 

5. Melihat aurora borealis salah satu cita-citanya

Pada awal April silam, Alexandra mewujudkan salah satu cita-citanya sedari kecil, yaitu melihat aurora borealis. Kala itu, dia traveling ke Norwegia.

"Akhirnya cita2 dari kecil untuk menyaksikan secara langsung Northern lights (Aurora Borealis) terwujud," tulis Xandra di keterangan Instagram, Senin, 8 April 2024.

"Alhamdulillah, saya merasa sangat beruntung berkesempatan melihatnya di hari terakhir season ini, karena Northern lights ini tidak dapat dilihat sepanjang tahun, periodenya hanya bulan Nov hingga awal April," ucapnya.

Potret Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, melihat aurora borealis atau nothern lights pada awal April 2024. Foto: Instagram/@xandra_askandar

Xandra juga mengungkapkan butuh perjuangan sebelum bisa melihat cahaya kehijauan yang menari di atas cakrawala ujung utara bumi.

"Setelah menunggu dengan sabar di tengah cuaca yang sangat dingin sambil menghangatkan badan di depan api unggun kurang lebih 100km di luar kota Tromso-Norway, cahaya berwarna hijau disertai semburat warna ungu muncul dan menurut guide yang menemani saya penampakan kali ini masuk dalam skala sangat strong," katanya.

Alexandra Askandar pun menguntai harapan bisa menyaksikan kembali aurora borealis di kesempatan yang akan datang.

Pilihan Editor: Pesan Cinta Alexandra Askandar ke Suami, Kerap Diawali dengan My Better Half

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."