Liburan Tengah Tahun ke Yogyakarta, Ada Paket Wisata Baru dari Keraton

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kunjungan wisata di Keraton Yogyakarta. Tempo/Pribadi Wicaksono

Kunjungan wisata di Keraton Yogyakarta. Tempo/Pribadi Wicaksono

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda memilih Yogyakarta sebagai tempat liburan tengah tahun, pertimbangkan menjajal paket wisata baru dari Keraton Yogyakarta. Namanya Deep Experience. Paket wisata ini menekankan edukasi lebih mendalam perihal sejarah ataupun nilai-nilai dan filosofi di setiap wahana di Keraton Yogyakarta. 

"Dengan paket wisata baru ini kunjungan wisatawan ke Keraton Yogyakarta tidak hanya foto dan video, tetapi benar-benar dipandu dan diedukasi setiap detail tentang sejarah Keraton," kata perwakilan Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu atau GKR Bendara di Keraton Yogyakarta, Kamis, 6 Juni 2024.

Putri bungsu Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X itu menjelaskan paket wisata baru ini ada yang berdurasi empat jam hingga delapan jam. Dengan durasi lebih panjang, paket wisata ini tak sekadar melihat aspek fisik Keraton, tapi lebih merasakan langsung kehidupan sehari-hari di dalamnya. 

"Contohnya para wisatawan bisa praktik, merasakan pengalaman menjadi perawat atau pemelihara Botany Culture atau tanaman di lingkungan Keraton," ujar Bendara yang menjabat sebagai Penghageng Nitya Budaya Keraton Yogyakarta itu.

Selain itu, para wisatawan juga bisa ikut merasakan bagaimana bertugas menjadi Abdi Dalem Keraton Yogyakarta dengan berbagai macam tugasnya. 

"Beberapa wisatawan ada yang ingin merasakan jadi Abdi Dalem, nah itu nanti kami fasilitasi," kata GKR Bendara. 

Edukasi Arsitektur Keraton Yogyakarta

Dalam paket wisata baru ini GKR Bendara mengatakan wisatawan akan diedukasi tentang berbagai sejarah arsitektur hingga fungsi-fungsi bangunan Keraton Yogyakarta. Termasuk adat yang ada di dalamnya.

Perlu diketahui, dengan luas 14.000 meter persegi, lokasi wisata Keraton Yogyakarta terbagi menjadi beberapa kompleks berarsitektur campuran Portugis, Belanda, dan Cina. 

Dalam paket wisata baru ini wisatawan juga diberi kesempatan mengenali kampung wisata sekitar Keraton dan kesejarahannya. 

Menyasar Wisatawan Nusantara dan Mancanegara

Bendara mengatakan, paket wisata ini menyasar baik wisatawan domestik maupun mancanegara, terutama dari kawasan Asia, Australia dan Eropa yang menjadi pelanggan utama kunjungan ke Keraton Yogyakarta selama ini.

"Kami sudah mulai merintis kerja sama dengan penyedia layanan wisata seperti Traveloka yang pasarnya wisatawan Asia Tenggara dan Australia," kata dia.

GKR Bendara menambahkan, pengelolaan Keraton Yogyakarta kini  digarap dengan lebih modern. Misalnya, penyediaan tiket online yang dinilai efektif mengingat banyak wisatawan yang mencari informasi pariwisata melalui Internet. 

Peningkatan Wisatawan ke Yogyakarta

Iko Putera, CEO of Transport Traveloka dalam pertemuan untuk kerja sama paket wisata dengan Keraton Yogyakarta mengatakan ada peningkatan pencarian penerbangan ke Yogyakarta hingga dua kali lipat. Peningkatannya lebih dari dua kali lipat untuk akomodasi di periode libur Waisak tahun ini, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

"Keraton Yogyakarta memberikan pilihan wisata budaya yang lebih beragam bagi wisatawan," kata dia.

Menurutnya, pasar wisata berbasis pengalaman khusus dan mendalam seperti yang digagas Keraton Yogyakarta belakangan mulai banyak dicari wisatawan. “Wisata deep experience ini bisa menginspirasi wisatawan untuk berwisata secara 'gue banget',” kata dia.

Pilihan Editor: Libur Lebaran, Ada Wahana Baru di Taman Pintar Yogyakarta

PRIBADI WICAKSONO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."