Perjalanan Karier Raisa di Industri Musik, Ada Peran Asta RAN di Awal Melangkah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Raisa saat menghadiri press screening film dokumenternya bertajuk Harta Tahta Raisa di Jakarta, Kamis, 30 Mei 2024/Foto: Doc. Poplicist

Raisa saat menghadiri press screening film dokumenternya bertajuk Harta Tahta Raisa di Jakarta, Kamis, 30 Mei 2024/Foto: Doc. Poplicist

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi, Raisa Andriani atau lebih dikenal dengan Raisa baru saja berulang tahun ke-34 pada 6 Juni 2024. Namanya mulai dikenal publik setelah merilis lagu berjudul Serba Salah pada 2010. Lagu tersebut memikat pasar dan menjadi anhem romantika penikmat musik tanah air.

Untuk mengenal lebih dekat Raisa, berikut sekilas profil dan perjalanan karier dia.

Dikutip dari p2k.stekom.ac.id, Raisa merupakan anak dari pasangan Allan N. Rachman dan Ria Marianty. Bakat menyanyi Raisa muncul sejak usia dini. Musikalitas Raisa banyak terinspirasi dari musikus kenamaan Amerika Serikat seperti Brian McKnight, Alicia Keys, dan Joss Stone. 

Lama berteman dengan Asta Andoko (gitaris RAN) membukakan pintu untuknya masuk dapur rekaman seperti dikutip dari elle.co.id. Dibantu Rama Handyanto (pemain bass Soulvibe) dan Ario Seto (mantan pemain keyboard Soulvibe) yang bergabung dengan Asta sebagai produsernya, Raisa mengambil jalan solo. Kerja sama ini mencetak tiga lagu hit; Serba Salah, Apalah (Arti Menunggu), dan Coult It Be.

Pada Maret 2011, Universal Musik Indonesia memperkenalkan Raisa sebagai artis barunya. Dia secara resmi merilis single perdana Serba Salah. Dua bulan berikutnya, Raisa meluncurkan album berjudul Raisa (Self Title), yang berisi sembilan lagu. Salah satu hitnya adalah lagu Apalah Arti Menunggu.

Seiring berjalannya waktu, kredibilitasnya kian diakui. Tercatat, dia berhasil menyabet sejumlah penghargaan, salah satunya dari ajang internasional MNET Asian Music Awards (MAMA) yang mendaulatnya sebagai Best Asian Artist di tahun 2014.

Setelah merilis dua album, Raisa memutuskan untuk mandiri dengan mendirikan label musik Juni Records. Meniti karier sebagai seorang penyanyi, dengan label barunya Raisa melebarkan sayap sebagai produser. 

Kemudian, di tahun kelimanya berkarier di industri musik Indonesia, Raisa menggelar konser tunggal bertajuk Pemeran Utama: Live in Concert pada 24 Mei 2015, di Istora Senayan, Jakarta. Tema "Pemeran Utama" diambil dari lagu di album kedua Raisa, Heart to Heart (2013). Konser tersebut ditonton sebanyak 5000 penonton. Kesuksesan konser pertama membuat promotor Juni Concert melanjutkan konser keduanya di DBL Arena, Surabaya pada 15 November 2015 yang disaksikan sebanyak 2000 penonton.

Setahun setelahnya Raisa merilis Album studio ketiganya, Handmade dirilis. Dua bulan setelahnya pada 20 April 2016 dirilis dalam format digital. Judul Handmade kata Raisa dipilih karena album tersebut seperti buatan tangan sendiri, sebab ini pertama kalinya dia merilis album studio dari label yang didirikannya dan dia produksi sendiri bersama timnya. 

Selanjutnya bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke-31 pada 6 Juni 2021, Raisa mengumumkan judul album studio keempatnya berjudul It’s Personal. Ririlisan ini terdiri dari tiga lagu yang sudah dirilis pada 2021 dan dua lagu baru yang dikemas dalam bentuk album mini yang dirilis di platform digital musik.

Salah satu pencapaian besar dari Istri Hamish Daud ini adalah kesuksesan konser tunggalnya pada 25 Februari 2023 yang sekaligus menjadi konser tunggal penyanyi perempuan pertama di Indonesia berskala stadion. Konser tersebut ditonton sebanyak 42 ribu penonton.

Terbaru, dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya pada 6 Juni 2024, Raisa merilis film dokumenter berjudul Harta Tahta Raisa. Film tersebut bercerita tentang kehidupan Raisa sebagai seorang musikus juga menceritakan kehidupan pribadinya yang jarang tersorot kamera.

Pilihan Editor: Pesan Manis Raisa untuk Putrinya yang Berulang Tahun ke-5: I Love You More than Anything

NI KADEK TRISNA CINTYA DEWI | HERU TRIYONO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."