3 Manfaat Minyak Almond untuk Rambut: Menyehatkan dan Melindungi dari UV

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi minyak almond. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi minyak almond. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meski semua orang mendambakan rambut berkilau dan kuat, namun faktor-faktor seperti polusi, sinar matahari, kebiasaan gaya hidup yang buruk, dan debu di lingkungan membuat rambut kita lebih rentan rusak sehingga menyebabkan rambut patah dan tidak sehat. Banyak orang menggunakan pengobatan rumahan untuk merevitalisasi rambut mereka. Salah satunya memakai minyak almond.

Yuk simak manfaat minyak almond untuk rambut, dari meningkatkan elastisitas rambut hingga melembabkan rambut.

Apa Itu Minyak Almond?

Minyak almond, yang secara ilmiah dikenal sebagai Oleum amygdalae, dibuat dari almond Prunus dulcis melalui metode pengepresan minyak. Ada berbagai cara untuk mengekstrak minyak dari almond. 

Pada metode ekstraksi cold-pressed, kacang almond mentah diperas tanpa panas agar kandungan nutrisinya tetap utuh. Metode pengepresan hangat melibatkan ekstraksi minyak dari almond menggunakan aplikasi panas.

Minyak almond menunjukkan sifat anti-inflamasi, sclerosant, dan meningkatkan kekebalan dan telah lama digunakan di sekolah Kedokteran Ayurveda, Cina, dan Yunani-Persia untuk meringankan kondisi kulit termasuk psoriasis dan eksim.

Manfaat minyak almond tidak hanya terbatas pada perawatan kulit saja, minyak almond juga dapat membantu mengurangi gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat Minyak Almond untuk Rambut

Berbagai khasiat minyak almond membuatnya sangat bermanfaat untuk rambut. Di bawah ini adalah beberapa manfaat minyak almond untuk rambut yang perlu diketahui:

1. Menenangkan Rambut Kering

Emolien memainkan peran penting dalam membuat rambut lembut dan ternutrisi — emolien meningkatkan hidrasi kulit dan meredakan gejala kondisi kulit kering, termasuk dermatitis atopik. Minyak almond, sebagai emolien, membantu mengunci kelembapan pada kulit kepala, membuat rambut lebih lembap dan terhidrasi.

Rambut dehidrasi terasa kasar dan lebih rentan patah — memijat minyak almond pada rambut dapat membantu menghidrasi rambut, menjadikannya lebih lembut dan mudah diatur.

2. Melindungi Rambut dari Kerusakan Akibat UV

Sinar UV dapat merusak rambut Anda dengan lebih dari satu cara – paparan sinar matahari yang berlebihan pada rambut menyebabkan kerusakan pada serat rambut dan juga menyebabkan kerusakan struktural pada batang rambut. 

Selain itu, hal ini juga menyebabkan hilangnya protein pada rambut, yang selanjutnya melemahkan folikel rambut, sehingga menyebabkan rambut kering dan rapuh. Tak hanya itu, paparan sinar matahari juga membuat seseorang kehilangan pigmen rambut sehingga menyebabkan rambut beruban dini.

Salah satu kegunaan utama minyak almond untuk rambut adalah mengandung asam lemak yang telah terbukti efektif melindungi rambut dari kerusakan struktural akibat sinar UV pada rambut. Sebuah penelitian pada hewan mengungkapkan bahwa penggunaan minyak almond secara topikal dapat membantu memperlambat proses photoaging.

3. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Meskipun minyak almond sangat bermanfaat dalam menjaga kulit kepala tetap terhidrasi dan ternutrisi, banyak orang masih menginginkan jawaban ‘apakah minyak almond baik untuk pertumbuhan rambut?’ – karena rambut rontok adalah salah satu masalah rambut utama saat ini. Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah 'Ya'. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan elastisitas rambut!

Bagi yang belum tahu, elastisitas rambut dikenal sebagai kemampuan rambut Anda untuk meregang dan mendapatkan kembali bentuk alaminya. Menjaga elastisitas rambut penting dilakukan untuk mencegah kerusakan rambut.

Hilangnya elastisitas sebagian besar terjadi pada rambut yang mengalami dehidrasi, sehingga menyebabkan rambut rapuh dan lebih rentan patah.

Nah, itulah 3 manfaat minyak almond untuk rambut, bisa menyehatkan dan melindungi dari paparan sinar UV. Selamat mencoba, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: 7 Manfaat Minyak Almond untuk Kulit

PINKVILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."