5 Tips Mengatasi Jerawat dan Pigmentasi pada Kulit, Eksfoliasi Secara Berkala

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi jerawat (Freepik)

Ilustrasi jerawat (Freepik)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Sahabat Cantika, pigmentasi kulit salah satu masalah kulit yang kerap dialami perempuan. Masalah kulit ini ditandai dengan bercak kulit, warna kulit tidak merata, atau hiperpigmentasi. Pigmentasi kulit disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetika, paparan sinar matahari, perubahan hormonal, dan kelainan kulit. Namun, menjaga pola makan sehat salah satu cara menjaga kesehatan kulit dan membantu mengurangi pigmentasi dalam beberapa kasus. 

Jika kamu mencari langkah-langkah tips mengatasi pigmentasi untuk mendapatkan warna kulit yang lebih bersih dan merata, berikut simak wawancara dengan Zarafshan Shiraz dari HT Lifestyle, D. Charu Sharma, Co-Founder dan Direktur Dermatologi di Cureskin.

Berikut 5 Tips Mengatasi Jerawat dan Pigmentasi pada Kulit

1. Membersihkan dengan lembut 

Pembersihan lembut sangat penting. Ini menghilangkan kotoran dan minyak berlebih tanpa menghilangkan pelindung alami kulit Anda.

2. Eksfoliasi secara berkala  

Pengelupasan kulit secara teratur sangat penting. Ini membantu membersihkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

3. Skincare dengan bahan aktif 

Menargetkan pigmentasi dan meningkatkan pergantian sel. Carilah bahan-bahan seperti vitamin C, niacinamide, dan retinoid dalam produk perawatan kulit Anda. Ini dapat membantu memudarkan bintik hitam dan membuat kulit menjadi lebih halus dan cerah.

4. Jangan memencet jerawat 

Tahan keinginan untuk memencet atau memencet jerawat. l ini dapat menyebabkan jaringan parut dan memperburuk peradangan.

5. Pakai Sunscreen 

Perlindungan terhadap sinar matahari tidak dapat dinegosiasikan. Penggunaan sunscreen atau tabir surya gan SPF 30 atau lebih tinggi sangat penting untuk mencegah sinar UV dari pigmentasi yang menggelap.

Pilihan Editor: 5 Makanan untuk Membantu Mengatasi Pigmentasi Kulit

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."