5 Makanan untuk Membantu Mengatasi Pigmentasi Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wajah bermasalah. Shutterstock

Ilustrasi wajah bermasalah. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pigmentasi kulit salah satu masalah kulit yang kerap dialami perempuan. Masalah kulit ini ditandai dengan bercak kulit, warna kulit tidak merata, atau hiperpigmentasi. Pigmentasi kulit disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetika, paparan sinar matahari, perubahan hormonal, dan kelainan kulit. Namun, menjaga pola makan sehat salah satu cara menjaga kesehatan kulit dan membantu mengurangi pigmentasi dalam beberapa kasus. Berikut sejumlah makanan untuk membantu mengatasi pigmentasi kulit, yang kaya antioksidan hingga asam lemak Omega-3.

1. Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Ilustrasi buah blueberry. Foto: Unsplash.com/Joanna Kosinska

Kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, buah dan sayur dapat membantu melindungi kulit dari stres oksidatif. Buah beri, buah jeruk, bayam, kangkung, dan wortel adalah contoh produk ramah kulit.

2. Ikan Berlemak

Ilustrasi ikan salmon. Foto: Unsplash/Caroline Attwood

Ikan berlemak secara alami mengandung asam lemak Omega-3, vitamin E dan nutrisi penting lainnya bisa membantu memperbaiki tekstur kulit dan menjaga elastisitas dan hidrasi kulit. Ikan seperti salmon, trout, dan mackerel membantu mengurangi penuaan dan pigmentasi kulit.

3. Tomat

Ilustrasi peterseli, tomat dan lada. Pixabay.com/Nile

Kaya akan likopen, tomat memiliki sifat antioksidan yang dapat berkontribusi terhadap perlindungan kulit. Memasak tomat dapat meningkatkan penyerapan likopen. Faktanya, konsumsi dan penggunaan tomat dapat membantu mengurangi pigmentasi dan meningkatkan kilau kulit.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Ilustrasi kacang-kacangan. Unsplash/Peter Feghali

Almond, kenari, biji rami, dan biji chia memberikan nutrisi penting seperti antioksidan, vitamin E, dan asam lemak omega-3, yang dapat mendukung kesehatan kulit. Bahkan penggunaan almond dan biji chia secara topikal dapat mengurangi masalah kulit dan meningkatkan kecerahan.

5. Teh Hijau

Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

Teh hijau mengandung antioksidan, terutama katekin, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Menyeruput teh ini dapat membantu membalikkan tanda-tanda penuaan dan mengurangi dampak pigmentasi kulit pada penggunaan topikal.

Pilihan Editor: 5 Tips Jaga Kesehatan Kulit di Musim Hujan, Tetap Gunakan Tabir Surya

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."