Manfaat Kentang untuk Rutinitas Skincare, dari Jerawat hingga Kulit di Area Mata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kupas kentang. kfetele.ru

Ilustrasi kupas kentang. kfetele.ru

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika berbicara tentang perbaikan kecantikan alami, hanya sedikit bahan-bahannya serbaguna dan efektif seperti kentang. Selain sebagai bahan makanan, manfaat kentang lainnya ternyata untuk perawatan kulit, mulai dari mencerahkan flek hitam hingga menenangkan
peradangan. 

Jika kamu memasukkan kentang dalam rangkaian rutinitas skincare, maka kentang bisa bantu masalah kulit seperti berikut ini:

1. Mencerahkan kulit

Kentang kaya akan enzim, vitamin, dan mineral yang membantu mencerahkan dan mencerahkan kulit. Untuk memanfaatkan manfaat ini, cukup ekstrak jus kentang dengan cara diparut atau diblender lalu disarinG. Oleskan jus kentang ke kulit Anda menggunakan kapas atau ujung jari kamu, fokus pada area dengan bintik hitam atau hiperpigmentasi. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Pemakaian rutin bisa membantu mengurangi munculnya bintik hitam dan meratakan warna kulit Anda, memperlihatkan kulit yang lebih cerah.

2. Mengurang lingkaran hitam kulit di area mata

Sifat pemutihan alami dari kentang membuatnya obat yang sangat baik untuk mengurangi lingkaran di bawah mata dan keadaan bengkak. Untuk membuat masker di bawah mata, irislah yang dingin kentang. menjadi bulatan tipis dan letakkan di atas tutup Anda kelopak mata selama 10-15 menit. 

Dinginnya kentang irisan membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan, sedangkan enzim alami kentang bekerja mencerahkan kegelapan lingkaran. Untuk manfaat tambahan, Anda bisa memblender irisan kentang menjadi pasta dan mengoleskannya langsung ke area bawah mata. Bilas dengan air dan keringkan hingga terlihat segar, mata yang diremajakan.

3. Pengobatan jerawat

Kentang memiliki antibakteri dan anti-inflamasi khasiat yang membuatnya efektif dalam mengobati jerawat dan menenangkan kulit yang teriritasi. Untuk membuat pengobatan jerawat DIY, parut kentang mentah dan campur dengan satu sendok makan madu untuk membentuk pasta. oleskan campuran tersebut pada kulit yang telah dibersihkan, fokus pada area yang rawan berjerawat, dan biarkan saja 15-20 menit. 

Sifat antimikroba kentang membantu memerangi bakteri penyebab jerawat, sementara madu menenangkan peradangan dan mempercepat penyembuhan. Bilas masker dengan air hangat dan lanjutkan dengan lembut pelembab untuk kulit bersih dan bebas noda.

4. Meredakan sengatan matahari

Kentang mengandung enzim dan vitamin yang membantu menenangkan kulit terbakar sinar matahari dan mempercepat penyembuhan. Untuk meringankan sengatan matahari ketidaknyamanan, iris kentang dingin menjadi bulatan tipis dan letakkan langsung di area yang terkena dampak. 

Irisan kentang memberikan bantuan instan dari rasa sakit dan peradangan, sementara nutrisi kentang menembus kulit untuk mempercepat proses penyembuhan. Atau, kamu dapat mencampurkan kentang menjadi pasta yang menenangkan dan mengoleskannya kulit yang terbakar sinar matahari untuk bantuan jangka panjang. Ulangi sesuai kebutuhan sampai sengatan matahari mereda, dan ingatlah untuk melembabkannya teratur untuk mencegah pengelupasan.

Pilihan Editor:  Punya Masalah Jerawat, Amanda Rawles bagi Tips Memilih Sunscreen yang Cocok

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."