Selain Cegah Kerontokan, Simak 3 Manfaat Teh Hijau untuk Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sifat antioksidan dalam teh hijau memiliki sederet manfaat untuk kecantikan termasuk merawat rambut. Kini, semakin banyak merek perawatan rambut yang menyertakan teh hijau sebagai salah satu bahannya. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana teh hijau dapat bermanfaat bagi helai rambut Anda dan cara terbaik menggunakannya, luangkan waktu sejenak menelusuri ulasan singkat berikut.

Apa itu teh hijau?

Teh berasal dari tanaman bernama camellia sinensis. Perbedaan warna teh seperti hitam, putih, dan hijau, sebenarnya bukan disebabkan oleh perbedaan daun, melainkan karena metode pengeringan dan penuaan yang berbeda.

Misalnya, teh hitam mendapatkan warna gelap khasnya melalui oksidasi, ketika sengaja terkena udara, sedangkan teh hijau dikeringkan dengan cara untuk mempertahankan warna hijau alami daunnya. Matcha adalah contoh teh hijau yang dikeringkan dan digiling, bukan dibiarkan menjadi daun, sehingga menghasilkan bubuk semarak yang identik dengan minuman karena manfaat kesehatannya.

Manfaat teh hijau untuk rambut

Semua teh mengandung antioksidan, yang merupakan akar utama dari beragam manfaat kesehatannya. Penelitian telah menunjukkan antioksidan di dalam teh bermanfaat dalam segala hal, mulai dari pencegahan kanker hingga kesehatan jantung. Kandungan tersebut juga bermanfaat dalam perawatan rambut. Berikut empat di antaranya.

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Teh hijau dapat mencegah rambut rontok dan mendukung pertumbuhan rambut yang sehat berkat sifat antioksidannya, menurut penata rambut dan pakar terapi kulit kepala Mayara Macedo. Dokter kulit bersertifikat Justine Park menyetujui dan menambahkan bahwa teh hijau memiliki sifat antiseptik dan detoksifikasi yang selanjutnya dapat membantu pertumbuhan,

2. Anti-inflamasi

Macedo mengatakan bahwa teh hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat menenangkan kulit kepala dan mengurangi ketombe. Hal itu pun disetujui dokter Park.

3. Bantu mengurangi penipisan rambut

Menurut Macedo, antioksidan dalam teh hijau juga bantu melawan hormon yang dapat membuat rambut Anda tipis.

4. Dapat mencegah kerusakan

Teh hijau dapat membuat rambut lebih kuat dan tidak terlalu rusak karena katekin dalam teh hijau, zat alami yang bertindak sebagai antioksidan, melindungi sel-sel Anda dari kerusakan, menurut Macedo.

Siapa yang perlu menggunakan teh hijau untuk rambut?

Teh hijau memiliki beragam manfaat dan bukan merupakan bahan pengiritasi umum, sehingga aman digunakan untuk jenis kulit apa pun.

“Teh hijau dapat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kesehatan rambut, terutama mereka yang mengalami kerontokan atau penipisan rambut,” kata Macedo.

Teh hijau juga baik untuk orang dengan kulit kepala kering atau teriritasi, karena khasiatnya yang menenangkan dapat mengurangi ketidaknyamanan.

Satu-satunya orang yang harus menghindari teh hijau tanpa pertimbangan adalah mereka yang memiliki alergi.

“Ini diasumsikan aman dan kemungkinan besar dapat digunakan oleh semua pasien kecuali ada riwayat reaksi terhadap teh hijau,” kata dokter Park.

Namun, Macedo juga menyarankan siapa pun yang memiliki kulit kepala atau kondisi kulit sensitif perlu berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum memulai penggunaan.

Meskipun teh hijau untuk rambut memiliki banyak manfaat potensial, Park menunjukkan bahwa penelitian tersebut belum sekomprehensif yang dia inginkan untuk merekomendasikannya secara universal.

“Teh hijau dan kegunaannya dalam perawatan rambut perlu dikaji lebih lanjut agar benar-benar dapat direkomendasikan sebagai pengobatan atau bagian dari rutinitas perawatan rambut,” ucapnya.

Sebagian besar penelitian tentang teh hijau dalam perawatan rambut disponsori dan dibayar oleh produsen. "Penelitian double-blinded, acak, dan terkontrol plasebo umumnya diperlukan untuk membuat klaim dalam merekomendasikan pengobatan,” ucapnya.

Cara menggunakan teh hijau untuk rambut

Untuk rambut, teh hijau biasanya lebih efektif bila dioleskan dibandingkan jika Anda meminumnya. Sebab produk langsung diarahkan ke target, sehingga membantu memberikan potensi maksimal pada rambut dan kulit kepala Anda dalam waktu yang minimal.

Untuk menggunakan teh hijau langsung pada rambut Anda, Macedo mengatakan Anda memiliki beberapa pilihan. "Anda bisa membilas rambut Anda dengan teh hijau dingin setelah keramas, atau Anda bisa mengoleskan ekstrak atau minyak teh hijau langsung ke kulit kepala," katanya.

Namun, ketika menentukan produk mana yang perlu digunakan, Anda dapat mencoba serum rambut teh hijau yang terpisah dari produk perawatan rambut yang lain, atau memilih sampo atau kondisioner yang mengandung teh hijau untuk mempermudah rutinitas Anda.

Teh hijau merupakan antioksidan dengan banyak manfaat potensial untuk rambut, termasuk mengurangi iritasi kulit kepala, mencegah rambut rontok, dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini paling efektif jika digunakan secara topikal, dan Anda dapat membeli produk yang sudah mengandungnya atau meminum secangkir teh hijau. Teh hijau biasanya berisiko rendah dan memiliki banyak manfaat, selama Anda tidak alergi atau sensitif terhadapnya.

Pilihan Editor: Ketahui Manfaat Minum Teh Hijau, Mengontrol Kadar Gula Darah dan Bikin Rileks

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."