5 Macam Minyak Alami untuk Rambut Berkilau dan Sehat, dari Kelapa hingga Rosemary

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita merawat rambut. Freepik.com/Valuavitaly

Ilustrasi wanita merawat rambut. Freepik.com/Valuavitaly

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rambut berkilau, sehat, dan mudah diatur merupakan dambaan setiap perempuan untuk mendukung penampilannya. Perawatan rambut yang tepat dapat membantu memelihara kekuatan dan kelembutan rambut dari pangkal hingga ujungnya. Untuk mendapatkan perawatan rambut, kamu tidak harus pergi ke salon namun bisa juga di rumah dengan menggunakan bahan alami.

Sederet minyak alami ini dipercaya dapat membantu perawatan rambut kamu. loh. 

1. Minyak Kelapa

Dari sekian banyak bahan alami untuk rambut, minyak kelapa ini dianggap sebagai bahan alami yang baik untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Kandungan asam lemak pada minyak kelapa dipercaya dapat meningkatkan kelembaban pada rambut. Jenis minyak kelapa yang bagus untuk rambut adalah Virgin Coconut Oil (VCO) karena diperoleh dari proses ekstraksi kelapa segar tanpa melalui proses pemanasan atau pengolahan kimia sehingga aman dipakai secara teratur.

2. Minyak Zaitun

Manfaat dari minyak zaitun tidak hanya diperoleh saat mengonsumsi pada menu harian namun bisa juga dipakai untuk membantu menghaluskan rambut kusut karena kandungan emolien inilah sebagai moisturizer alami rambut. Bahkan Ratu Cleopatra pun memasukkan minyak zaitun ini sebagai bahan untuk perawatan rambutnya untuk mendapatkan rambut sehat berkilau.

3. Minyak Argan

Pemijatan rambut dengan minyak argan dapat membantu melembutkan batang rambut dan kulit kepala sehingga tampak lebih sehat. Antioksidan katekin yang terkandung dalam minyak argan bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut. Selain itu, kandungan vitamin E nya dapat menembus pada helaian rambut yang berfungsi untuk memperbaiki rambut bercabang, kerusakan dan memperkuat akar rambut.

4. Minyak Almond

Perawatan kulit kepala menggunakan minyak almond, dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah karena sifat antijamur dan antibakteri di dalamnya. Selain itu kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya juga dapat mengembalikan elastisitas rambut sehingga minyak almond juga bisa membantu kesuburan rambut kamu.

5. Minyak Rosemary

Salah satu sebab tumbuhnya uban adalah adanya radikal bebas yang berkumpul pada folikel rambut sehingga mengakibatkan rusaknya pigmen alami pada rambut. Kandungan anti oksidan pada minyak rosemary ini bisa menangkal radikal bebas sehingga risiko tumbuhnya uban pun berkurang. Kandungan senyawa champor pada minyak rosemary ini dapat merangsang aliran darah pada kulit kepala sehingga membantu mencegah kebotakan dengan menstimulasi pertumbuhan rambut.

Berikut ada 2 cara untuk mengaplikasikan minyak alami pada rambut:

Pertama dalam keadaan basah, setelah rambut dicuci bersih dengan shampo kemudian oles minyak alami ke seluruh rambut dan bilas hingga bersih.

Kedua dalam keadaan kering, usap minyak alami dari pangkal hingga ujung rambut kemudian diamkan beberapa jam (bisa semalaman). Kemudian keramas seperti biasa.

Disarankan gunakan minyak alami ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba, Sahabat Cantika. 

Pilihan Editor: Tips Rambut Sehat Berkilau ala Korea, Bilas dengan Air Beras Buatan Sendiri

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."