Hari Susu Sedunia 2024: Tema, Makna, dan Sejarah yang Perlu Kamu Tahu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi susu. Foto: Pixabay.com/pezibear

Ilustrasi susu. Foto: Pixabay.com/pezibear

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memperingati Hari Susu Sedunia 2024, penting untuk mengetahui jika susu adalah bagian integral dari budaya yang bergizi tinggi dan mudah diakses oleh semua orang. Industri susu memastikan bahwa setiap orang memiliki akses berlimpah terhadap susu dan produk susu lainnya. Di banyak budaya, susu dan produk susu dikonsumsi secara rutin.  

Dari minuman, memasak hingga membuat berbagai makanan yang bisa dimakan, susu itu penting. Setiap tahunnya, Hari Susu Sedunia diperingati untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya industri susu. Saat kita bersiap merayakan hari istimewa, berikut beberapa hal yang perlu kita ingat.

1. Ditetapkan pada 1 Juni 

Setiap tahunnya, Hari Susu Sedunia diperingati pada tanggal 1 Juni. Tahun ini, Hari Susu Sedunia jatuh pada hari Sabtu.

2. Sejarah

Pada zaman Neolitikum sekitar 9000-7000 SM, manusia telah memelihara hewan. Konsumsi susu sudah ada sejak masa itu. Tapi karena toleransi laktosa hilang pada manusia, mereka mulai meminum susu fermentasi. Susu segera menjadi sumber nutrisi bagi semua orang – bahkan, di banyak budaya, susu menggantikan konsumsi daging. Susu juga mulai digunakan dalam tradisi keagamaan karena diyakini bahwa susu telah diturunkan ke bumi oleh pencipta alam semesta. Seiring berjalannya waktu, konsumsi susu terpukul akibat distribusi susu industri, perubahan preferensi konsumen, dan ketersediaan pengganti susu.

3. Makna

Tema Hari Susu Sedunia tahun ini berfokus pada pentingnya produk susu dalam menyediakan nutrisi dan menyehatkan dunia. Cara terbaik untuk menghabiskan hari ini adalah dengan menghadiri acara Hari Susu Sedunia dan mempelajari lebih lanjut tentang susu dan produk susu lainnya. Kita juga bisa memperingati hari dengan meminum segelas susu dingin di hari yang panas. Eksperimen dengan susu dan produk susu bisa dilakukan untuk membuat masakan lezat di rumah yang bisa dinikmati bersama orang tersayang.

Pilihan Editor: Tips Menyimpan Susu di Kulkas yang Benar

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."