Tips Merebus Telur Agar Tetap Utuh dan Matang Sempurna

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi Telur Rebus

Ilustrasi Telur Rebus

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik. Selain rasanya yang lezat, penyajian telur pun tidak memakan waktu lama sehingga cukup praktis dijadikan menu sarapan sehat.

Telur rebus juga biasa dimasukkan dalam menu diet karena dimasak tanpa penambahan minyak. Telur yang matang sempurna biasanya bagian putihnya keras namun kenyal dan kuningnya tetap lembut. 

Berikut ini tips memasak telur agar matang sempurna:

1. Pemilihan telur

Telur yang sudah disimpan beberapa hari di dalam kulkas biasanya lebih mudah dikupas dibanding telur yang masih segar sebab lapisan tipis di antara telur dan kulit mulai sedikit melekat sehingga kulitnya tetap utuh saat dikupas.

2. Merebus telur

Masukkan air ke dalam panci yang berisi telur hingga permukaan kulit telur terendam air. Semakin banyak telur, maka air yang dituang pun semakin banyak.

Masak telur sekitar 12 menit untuk mencapai telur yang matang sempurna. Namun hal ini tergantung dari besar-kecil api kompor yang dipakai. 

3. Penambahan garam atau baking soda

Selain memberi rasa, membubuhkan sedikit garam dapat mencegah telur pecah selama proses perebusan. Penambahan garam juga mempengaruhi titik didih air yang dapat memberikan efek bagian putih telur lebih cepat matang dan mencegah bagian kuning telur terlalu matang sehingga tetap lembut.

Sedangkan penambahan sedikit baking soda saat proses perebusan dapat mempengaruhi pH air menjadi basa. Menambahkan baking soda dapat membantu melonggarkan lapisan antara putih telur dengan cangkangnya yang membuat telur lebih mudah dikupas. 

Jadi bisa dipilih salah satu ya antara penambahan garam atau baking soda.

4. Siapkan air dingin

Pindahkan telur yang sudah direbus ke mangkuk air es dan dinginkan selama 14 menit. Hal ini membuat telur lebih mudah dikupas. 

5. Mengupas telur

Kupas telur dengan cara menggulung telur di bawah telapak tangan dengan lembut hal ini dapat membantu memisahkan cangkang telur dari bagian putihnya. Kemudian kupas dengan hati-hati dan nikmati sajian sehat telur rebus dengan bentuk yang utuh sempurna. Selamat mencoba.

Pilihan Editor: 7 Makanan yang Kaya Vitamin B7, Ada Pisang hingga Kuning Telur

SAHABAT CANTIKA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."