All Eyes on Rafah Viral, Selebritas Indonesia Dengungkan di Instagram

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
All Eyes on Rafah. Foto: Instagram.

All Eyes on Rafah. Foto: Instagram.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kalimat "All eyes on Rafah" hari ini meramaikan media sosial menyusul kondisi mengenaskan yang terjadi di Rafah, kota di sebelah selatan jalur Gaza, Palestina.

Secara harfiah, All eyes on Rafah adalah berarti "Semua mata tertuju pada Rafah." Ungkapan ini digunakan untuk menggambarkan situasi ketika semua perhatian dan fokus tertuju pada Rafah.

Laman Health Policy Watch menjelaskan, All Eyes on Rafah merupakan seruan agar semua orang di seluruh dunia memperhatikan apa yang sedang terjadi di Rafah. Awal mula seruan ini muncul setelah Israel menyerang Rafah pada Februari 2024, dan semakin ramai ketika pasukan Israel menyerang kota tersebut.

All Eyes on Rafah saat ini banyak dipakai warganet di berbagai platform, mulai dari Instagram, X, hingga TikTok. Tujuannya untuk menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Palestina yang ada di Rafah.

Artis-artis Indonesia juga tak ketinggalan menggunakan kepopuleran mereka untuk memberi dukungan terhadap masyarakat sipil di Gaza. Berikut selebritas yang ikut mendengungkan "All Eyes on Rafah":

1. Zaskia Adya Mecca

Aktris dan selebgram Zaskia Adya Mecca tidak pernah absen dalam memberikan dukungan untuk korban kekerasan di Gaza, Palestina. Kali ini, istri sutradara Hanung Bramantyo itu memuat berbagai postingan Instagram Story.

Di antaranya poster bertajuk All Eyes on Rafah serta template kekejaman Israel terhadap penduduk Rafah baru-baru ini di camp pengungsian, tepatnya pada 26 Mei 2024.

2. Raffi Ahmad

Akun pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memasang poster berwarna hitam polos yang diberi tulisan putih, dengan teks "Pray for Rafah, all eyes on Rafah."

Tidak ada kalimat yang keterangan yang menyertai poster itu. Hanya emotikon berdoa.

3. Zaskia Sungkar

Sama seperti Raffi Ahmad, Zaskia Sungkar mengunggah poster hitam dengan tulisan All Eyes on Rafah. Dia pun memberikan caption tentang unggahan yang di-take down atau diturunkan dari media sosial tentang suara dukungan untuk Palestina.

"#alleyesonrafah, kalau postingan kita ada yang di-take down. Doa kita enggak akan ada yang bisa hapus," ujar istri dari aktor Irwansyah tersebut, Selasa, 28 Mei 2024.

Banyak warganet yang mengeluh unggahannya yang berbau kondisi darurat di Gaza, hilang atau di-take down pihak Instagram.

4. Meisya Siregar

Artis Meisya Siregar mengunggah poster serupa lukisan yang bertuliskan All Eyes on Rafah. Dia juga menuliskan serangkaian kalimat yang meminta warganet membuka mata dan ikut memviralkan.

"Make it trending!!! All eyes on Rafah! Open wideeeee your eyes.., Rafah is not okay! Manaaaaa postingan kamuuuu tentang Rafah guys?? Masih update gak?? Masih peduli?? Diam bukan solusi! Masih punya semangat berjuang???" Tulis istri penyanyi Bebi Romeo itu.

5. Dwi Handa

Selebgram Dwi Handayani Syah Putri juga sama dengan Zaskia Sungkar yang membahas tentang postingan yang di-take down. Dia pun menggantikan huruf A pada Palestina dengan emotikon bentuk hati.

"Tiap kali aku post tentang Palestine pasti di-removed ig. Postingan aku dulu di feed juga sudah terhapus dengan peringatan. Kali ini aku post meskipun ada huruf yang harus disensor karena aku ingin menunjukkan di mana hatiku memilih," tutur Dwi Handa dengan posternya tentang ilustrasi seorang anak yang telah menjelma jadi malaikat, sambil memegang seiris semangka. Wajah anak itu diganti jadi bunga mawar merah.

6. Mona Ratuliu

Aktris senior Mona Ratuliu juga mengunggah poster seperti yang di-posting Raffi Ahmad. Dia tidak banyak berkata-kata, melainkan dengan menuliskan kalimat, "Ya Allah tolong," pada caption-nya.

Itulah 6 selebritas yang ikut mendengungkan All Eyes on Rafah, sebuah seruan untuk meminta perhatian dan dukungan terhadap korban kekerasan di Rafah, Gaza, Palestina.

Pilihan Editor: Selena Gomez hingga Taylor Swift Kehilangan Followers Akibat Blockout 2024: Aksi Blokir Selebritas yang Bungkam soal Gaza

INSTAGRAM 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."