Chef Wiem bagi Tips Penggunaan Daun Ketumbar dalam Masakan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Daun ketumbar/Foto: Instagram/Lids Mini Garden

Daun ketumbar/Foto: Instagram/Lids Mini Garden

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu herbs atau bumbu dalam bentuk daun menjadi salah satu seasoning penentu cita rasa masakan. Salah satu herbs yang dikenal memiliki rasa dan aroma unik di Asia ialah daun ketumbar atau cilantro. Daun ketumbah bukan hanya menjadi kondimen suatu hidangan, lebih dari itu bisa menjadi bintang utama. 

Memasukkan daun ketumbar ke dalam makanan adalah cara yang bagus untuk menambah rasa pada hidangan atau minuman tanpa menambah kalori, lemak, atau natrium ekstra. Ketumbar adalah ramuan yang memiliki daun lembut, paling pas ditambahkan mentah atau menjelang akhir proses memasak. Ini membantu mempertahankan rasa dan teksturnya.

Executive Chef Resto Baku, Chef Wiem Kahiyang Isa membagikan tips sederhana agar cita rasa daun ketumbar yang kuat bisa memyatu dengan bumbu dan rempah asal Indonesia tanpa menghilangkan otentitas rasa. 

Wiem Kahyang Isha, Executive Chef di Resto Baku/Foto: Doc. Baku

Menurut Chef Wiem rasa daun ketumbar memang sangat kuat, kalau mau dihidangkan dengan rempah Indonesia agar masing-masing rasa tidak hilang maka perlu ditambahkan hint asam, misalnya jeruk nipis sehingga lebih netral. "Jeruk nipis bisa dicampurkan langsung ke masakan atatu bisa juga dijadikan pilihan," ucap Chef Wiem dalam cooking demo di Resto Baku, 17 Mei 2024. 

Ketumbar cocok dipadukan dengan banyak hidangan, terutama makanan Indonesia, Meksiko atau Thailand. Ini juga cocok dengan hidangan yang mengandung kacang-kacangan, keju, telur, dan ikan. Ramuan ini juga cocok untuk saus sayuran kental dan sebagai topping atau hiasan untuk sup dan salad.

Sederet resep yang direkomendasikan menggunakan daun ketumbar seperti masakan khas Thailan antara lain Cilantro Pesto, Salad daun ketumbar dan mint atau taco ikan dengan saus ketumbar

Kamu bisa bereksperimen dengan daun ketumbar sesuai resep masing-masing, karena daun ketumbar merupakan ramuan serbaguna yang bisa menjadi tambahan lezat untuk banyak makanan. 

Pilihan Editor: Mencicipi 3 Menu Istimewa Beraroma Daun Ketumbar yang Kaya Rasa di Baku

MEDICAL NEWS TODAY 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."