10 Ciri Ibu Mertua Toxic yang Perlu Diketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mertua. Shutterstock.com

Ilustrasi mertua. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti hubungan beracun atau toxic lainnya, ibu mertua toxic adalah salah satu tantangan yang mungkin dihadapi dalam pernikahan. Ketidakmampuan menerima dan memuja pasangan anaknya dengan penuh kasih sayang yang membuat ibu mertua menjadi racun.

Dia akan menggunakan berbagai cara khas untuk menyebarkan hal-hal negatif dan mengendalikan pernikahan. Dari sikapnya yang sangat kritis dan manipulatif hingga ikut campur dalam kehidupan pasangan, dia dengan sengaja menyebabkan kesusahan dan ketidakharmonisan dalam keluarga. Berikut beberapa ciri ibu mertua toxic.

10 Ciri Ibu Mertua Toxic

1. Kritis terhadap Pilihan Anda

Jika ibu mertua Anda terus-menerus berkomentar negatif tentang ide, kepercayaan, cara Anda berpakaian, dan kebiasaan keluarga Anda, ini menunjukkan bahwa dia tidak dengan sepenuh hati menyetujui atau menerima Anda sebagai bagian dari keluarga.

Dia mencoba mengendalikan Anda. kehidupan. Dia mungkin juga mengkritik gaya pengasuhan Anda dan ikut campur dalam urusan keluarga Anda. 

2. Ikut Campur

Permainan favorit ibu mertua toxic adalah mencampuri urusan pribadi keluarga Anda. Keterampilan mengasuh anak Anda, manajemen rumah Anda, atau topik apa pun yang berhubungan dengan gaya hidup dapat menjadi pertanyaan penting baginya.

Ada juga saatnya dia mengomentari profesi Anda dan menganggap Anda tidak layak untuk putra atau putrinya. Dia tidak hanya akan terus-menerus menolaknya, tetapi juga memberi Anda pelajaran tentang cara melakukannya dengan benar. Jika tidak menuruti keinginannya, dia juga akan membuat Anda merasa bersalah karenanya. 

3. Menunjukkan Kebencian kepada Anda

Berbeda dengan ibu mertua yang baik hati, ibu mertua yang toxic akan menjaga jarak dari Anda dan tetap cuek. Dia akan selalu bersikap tidak ramah, tidak akan pernah menelepon atau mengecek kabar Anda.

Jika Anda meminta sesuatu darinya dan sekadar meminta nasihat, dia mungkin tidak akan merespons atau terdengar tidak tertarik. Dia mungkin juga secara langsung atau tidak langsung menyatakan ketidaksukaannya terhadap Anda dan tidak pernah melewatkan kesempatan untuk mengungkit kesalahan masa lalu Anda dan menyimpan dendam.

4. Meremehkan Ras atau Budaya

Apakah ibu mertua Anda melontarkan lelucon buruk tentang ras atau budaya Anda? Jika ya, itu tandanya dia beracun dan tidak menyukai Anda.

Ketika dua ras, budaya, etnis, atau agama yang berbeda bersatu, dapat dimengerti jika tidak semua orang bisa berbaur dengan mudah atau menunjukkan keterhubungan. Namun, jika seseorang terus mengolok-oloknya atau terdengar superior dan acuh tak acuh, hal itu akan menjadi racun.

Daripada bersikap inklusif, ibu mertua beracun akan menyulitkan Anda untuk menjadi berbeda dari mereka. Dia mungkin mengkritik kebiasaan atau makanan Anda, terkadang bahkan penampilan Anda. Ada juga contoh ketika perilaku beracunnya ditujukan kepada anggota keluarga Anda, yang bisa menghambat pernikahan.

5. Kompetitif dengan Anda

Jika ibu mertua Anda terus-menerus mencoba ikut campur dalam keluarga Anda atau menyabotase ikatan perkawinan Anda, itu menunjukkan bahwa dia mungkin iri dengan kebersamaan Anda. Sulit bagi beberapa ibu membiarkan putra mereka memulai hidup baru bersama pasangannya.

Untuk menimbulkan masalah, dia mungkin terus-menerus membandingkan dirinya dengan Anda. Misalnya, dia mungkin berkomentar tentang bagaimana putranya lebih menyukai makanannya atau bagaimana dia mengetahui kesukaannya lebih baik daripada Anda.

Dia juga tidak segan-segan mengatakan hal-hal seperti, “Anakku lebih sehat dan bahagia sebelum kamu datang.” Dia akan selalu mencari-cari kesalahanmu dan menunjukkan kekuranganmu kepada putranya. 

6. Pasif-agresif

Seringkali sulit untuk memperhatikan pola perilaku ibu mertua yang pasif-agresif. Dia mungkin juga menggunakan perilaku pasif-agresif seperti menghindari Anda dan tidak berbicara langsung kepada Anda. Menciptakan hambatan komunikasi, bersikap sarkastik, dan mempersenjatai kebaikan adalah ciri-ciri klasik ibu mertua yang negatif. 

7. Memanipulasi Pasangan

Dari mengeluh tentang Anda hingga meyakinkan pasangan Anda untuk merahasiakannya kepada Anda, ibu mertua yang suka mengontrol memiliki cara-cara manipulasi yang cerdas. Dia mungkin membumbui narasinya atau memainkan kartu korban dan mewakili Anda dalam sudut pandang yang salah. Tidak terlalu sulit bagi seorang ibu untuk membujuk atau mencuci otak anaknya. Dia akan menceritakan tentang perubahan prioritas pasangan Anda dan membuat mereka merasa bersalah, membuat mereka berpikir bahwa Anda menciptakan jarak di antara keluarga. Memanipulasi pasangan adalah trik jitu untuk mengisolasi Anda.

8. Pribadi Narsis

Ciri khas ibu mertua yang manipulatif adalah sifat narsismenya yang cukup menegangkan untuk dihadapi. Dia akan selalu bersikap seolah dia yang terbaik dan Anda bukan siapa-siapa di hadapannya.

Ditambah lagi, ibu mertua yang narsis mungkin juga selalu membuat Anda merasa diawasi. Kebutuhan seorang narsisis yang terus-menerus akan kekaguman pada diri sendiri menyebabkan pelecehan emosional pada orang lain. Jika ibu mertua Anda membayangi Anda dan memperlakukan Anda sebagai orang yang lebih rendah, ingatlah bahwa itu adalah proyeksi dari rasa tidak amannya sendiri. 

9. Bergosip Tentang Anda

Sebagai bagian dari skema manipulasinya, ibu mertua yang suka mengontrol akan bergosip tentang Anda kepada semua orang, termasuk teman dan keluarga saat acara keluarga. Ini adalah cara liciknya menyebarkan versi negatif diri Anda, yang membuat Anda terisolasi dan tidak bahagia. 

10. Dia Tidak Bisa Senang

Tidak ada yang bisa membuat orang beracun bahagia, tidak terkecuali ibu mertua. Tidak peduli berapa banyak usaha yang Anda lakukan, dia tidak akan pernah bahagia, dan juga akan menunjukkan ketidakpeduliannya terhadap semua yang Anda lakukan untuknya.

Ini karena dia tidak memiliki ruang untuk cinta dan kehangatan untuk Anda. Dia juga akan tetap menghakimi dan menimbulkan drama yang mengganggu di sekitar Anda. Jika ini adalah tanda-tanda yang Anda hadapi, ketahuilah bahwa ibu mertua Anda beracun.

Itulah sederet ciri ibu mertua toxic yang perlu diketahui.

Pilihan Editor: 4 Cara Jitu Mengambil Hati Ibu Mertua

PINK VILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."