6 Tanda Orang Tak Bahagia dengan Karir dan Pekerjaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita bekerja dalam kondisi cemas. Foto: Unsplash.com/Icons8 Team

Ilustrasi wanita bekerja dalam kondisi cemas. Foto: Unsplash.com/Icons8 Team

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Orang merasa senang ketika baru saja merintis karir. Namun dalam perjalanannya, banyak yang tak puas dengan pekerjaan dan meski sudah berusaha keras, tetap saja butuh sesuatu yang lebih baik. Perasaan ini bisa muncul secara berbeda pada setiap orang.

Berikut hal-hal yang biasa dilakukan pekerja bila tak bahagia dengan pekerjaannya, dilansir dari Bolde. Jika sudah melihat tandanya, Anda bisa mencari tahu akarnya dan bagaimana melangkah maju.

1. Kurang antusias

Orang yang tak bahagia dengan pekerjaannya biasanya juga kehilangan minatnya. Alasannya bisa berbeda-beda, seperti tak mendapatkan yang diharapkan, peluang kecil untuk maju, atau merasa pekerjaan tak sesuai dengan kualitasnya. Mengerjakan tugas terasa membosankan dan mereka pun kehilangan kreativitas.

2. Kurang komitmen

Kurang komitmen dalam karir membuat kebutuhan terasa tak terpenuhi karena orang merasa tak bisa menginvestasikan potensi pada pekerjaan. Contohnya, orang yang sering berganti pekerjaan hanya punya waktu sebentar untuk menambah keterampilan.

3. Suka melamun

Pekerja pun mulai suka melamun karena tak bahagia dengan karirnya. Melamun adalah pelarian. Mereka membayangkan hal berbeda, seperti mendapatkan pekerjaan baru di mana mereka merasa dihargai atau mereka memulai usaha sendiri. Melamun memberi jeda dari perasaan sulit dan berfokus pada masa depan.

4. Sering mengeluh

Orang yang tidak puas akan mulai mengeluh untuk melampiaskan frustasi. Mereka mungkin mengeluhkan hal seperti tak punya kesempatan untuk berkembang, merasa tak dihargai, atau tak suka lingkungan kerja.

5. Mencari pengalihan

Orang yang tak bahagia dengan pekerjaan sering mencari pengalihan. Contohnya bergaul, melakukan hobi, atau menonton TV. Sebagian bahkan melakukan hal buruk seperti mengonsumsi alkohol dan narkoba. Pengalihan ini memberi mereka pelarian dari perasaan tak berkembang atau kecewa pada pekerjaan.

Pilihan Editor: 4 Cara Menghadapi Politik Kantor, Fokus pada Pekerjaan

YAYUK WIDIYARTI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."