4 Cara Menghadapi Politik Kantor, Fokus pada Pekerjaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bos sedang berkomunikasi dengan anggota timnya di tempat kerja. Foto: Unsplash.com/Amy Hirschi

Ilustrasi bos sedang berkomunikasi dengan anggota timnya di tempat kerja. Foto: Unsplash.com/Amy Hirschi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di mana pun Anda bekerja pasti ada momen berurusan dengan politik kantor, situasi yang melibatkan kekuasaan atau otoritas untuk menguntungkan satu pihak. Politik kantor terkadang dapat berdampak buruk pada kesehatan mental Anda. Maka dari itu, menghadapi politik kantor adalah hal yang penting untuk menjaga reputasi dan integritas profesional seseorang, juga menciptakan lingkungan kerja yang positif. Berikut beberapa cara efektif untuk menghadapi politik kantor.

1. Mengamati dan memahami lingkungan sekitar

Amati dan pahami dinamika tempat kerja Anda. Belajarlah mengidentifikasi rekan kerja yang terlalu politis. Dengan mewaspadai para pemain politik kantor, Anda bisa lebih siap menghadapinya. Hal ini dapat membantu menetralkan potensi dampaknya terhadap Anda dan tim Anda.

2. Berkomunikasi dengan jelas dan tenang

Saat menghadapi misinformasi yang disebarkan oleh penyabotase, tetaplah tenang. Daripada marah atau kesal kepada mereka, bicaralah secara langsung. Tetap tenang dan tidak emosional. Lakukan percakapan empat mata dengan mereka dan beberkan faktanya. Beri tahu mereka bahwa Anda mengetahui tindakan mereka dan minta mereka berhenti.

Tentu saja, mereka akan menyangkal segalanya dan mencoba menyulut emosi Anda. Namun hanya dengan memberi tahu mereka bahwa Anda mengetahui mereka mencoba menyabotase pekerjaan Anda terkadang sudah cukup untuk menghalangi perilaku mereka.

3. Gunakan eskalasi yang halus

Memberi tahu atasan Anda tentang politik kerja sering kali membantu, terutama jika pelakunya mencoba mempengaruhi si bos. Namun hindari masuk ke dalam skenario “katanya/katanya” dan jangan meminta intervensi mereka.

Sebaliknya, tingkatkan permasalahan tersebut dengan sopan dan lembut dengan mengatakan sesuatu seperti ini: 'Saya tahu si fulan mencoba merendahkan saya dan menyebarkan desas-desus tentang saya. Namun saya ingin memberi tahu Anda bahwa saya lebih memilih untuk fokus pada pekerjaan saya dan memberikan hasil.'

4. Fokus pada pekerjaan

Biarkan pekerjaan Anda yang berbicara, alih-alih terjebak dalam politik perusahaan. Ingat, tugas Anda adalah memberikan hasil dan jika Anda seorang pemimpin, maka memimpin tim Anda untuk secara konsisten memberikan pekerjaan berkualitas tinggi.

Jika kinerja Anda baik, mengikuti strategi pimpinan, dan tetap tenang di bawah tekanan, hal tersebut menangkis semua rumor negatif yang tersebar tentang Anda. Hal itu juga menunjukkan banyak hal tentang Anda sebagai pekerja dan pemimpin.

Pilihan Editor: 7 Tips Lebih Percaya Diri dan Menarik di Tempat Kerja

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."