4 Peralatan Rumah Tangga yang Wajib Dibersihkan Setiap Bulan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mesin cuci. Sumber: Getty Images/iStockphoto/mirror.co.uk

Ilustrasi mesin cuci. Sumber: Getty Images/iStockphoto/mirror.co.uk

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam urusan beberes rumah, Anda perlu memperhatikan ada sejumlah peralatan rumah tangga yang perlu dibersihkan secara berkala. Tak seperti mencuci piring atau gelas yang dilakukan setiap hari, ada beberapa peralatan rumah tangga yang dibersihkan setiap bulan. Meski lebih ringan dari rutinitas bersih-bersih setiap hari, kadang kebersihan peralatan tersebut diabaikan, sehingga tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur. 

Untuk mencegah hal itu terjadi, berikut empat peralatan rumah tangga yang wajib dibersihkans etiap bulan.

1. Mesin cuci

Pernahkah Anda memperhatikan pakaian kotor atau tidak sebersih dulu saat dicuci di dalam mesin cuci? Itu berarti mesin cuci Anda mungkin perlu dibersihkan secara mendalam. Jika ada opsi untuk menjalankan siklus pembersihan mesin cuci, lakukanlah. Jika tidak, Anda bisa menggunakan secangkir soda kue atau cuka dan menjalankan hot cycle

Anda juga dapat menggunakan produk yang diformulasikan khusus untuk membersihkan mesin cuci.

Jika Anda memiliki mesin cuci front loader, jangan lupa untuk membersihkan ring karet secara manual dengan cara menggosoknya dengan baking soda dan cuka, terutama bagian bawah ring, karena ruang tersebut dapat menjadi tempat berkembang biaknya jamur.

2. Tempat sampah 

Apakah Anda tidak dapat mengidentifikasi sumber bau yang tidak sedap di dapur? Ini mungkin berasal dari tempat sampah Anda.

Cara terbaik untuk membersihkan tempat sampah adalah dengan air dan sabun cuci piring. Jika bisa, bawa keluar dan gunakan selang. Jika ada jamur atau lumut, jangan takut untuk menambahkan sedikit pemutih dan diamkan beberapa menit sebelum dibilas. 

Setelah Anda membilasnya, pastikan bagian dalam dan luarnya benar-benar kering sebelum membawanya ke dalam ruangan dan mengganti kantongnya.

3. Bagian dalam microwave

Dari cipratan hingga tumpahan makanan, bagian dalam microwave bisa menjadi sangat kotor dan berbau. Maka dari itu, bagian dalam microwave wajib dibersihkan setiap bulan.

Pertama, lepaskan meja putar kaca dan bersihkan di mesin pencuci piring atau wastafel. Kemudian, masukkan campuran cuka dan air ke dalam mangkuk tahan microwave (Pyrex selalu bisa digunakan) dan panaskan selama lima menit.

Kemudian, biarkan mangkuk kukusan di dalam microwave selama lima hingga lima belas menit. Anda ingin memastikan mangkuk sudah dingin saat Anda mengeluarkannya dari microwave. Lalu, bersihkan bagian dalamnya.

4. Mesin Pencuci Piring

Sebaiknya bersihkan mesin pencuci piring setiap bulan. Mulailah dengan melepas filter dan membersihkannya. Buang kotoran besar, lalu bilas.

Selanjutnya, isi cangkir dengan cuka dan letakkan di rak paling atas. Jalankan siklus sterilisasi agar dapat dibersihkan dengan air terpanas.

Sebagai alternatif, Anda dapat mempertimbangkan produk seperti Affresh, yang diformulasikan untuk membersihkan mesin pencuci piring secara menyeluruh dengan menghilangkan kerak kapur dan penumpukan mineral lainnya.

Pilihan Editor: Penyebab Rumah Sering Berdebu, meski Rutin Dibersihkan

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."