Serukan Gencatan Senjata Israel dan Palestina, Cate Blanchett: Saya Tidak Bisa Berpaling

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Cate Blanchett/Foto: Instagram/Cate Blanchett

Cate Blanchett/Foto: Instagram/Cate Blanchett

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di tengah kesibukan pihak-pihak yang membungkam tokoh-tokoh Hollywood yang berbicara menentang kekejaman perang Israel di Gaza, Cate Blanchett melakukan sebaliknya, ia menyerukan gencatan senjata dan dukungan terhadap pengungsi saat berbicara di parlemen Eropa.

Pada bulan Oktober, ia bergabung dengan Artists4Ceasefire, sebuah kelompok yang terdiri lebih dari 60 aktor dan artis di Hollywood, menandatangani surat yang ditujukan kepada Presiden AS Joe Biden, mendesaknya untuk menyerukan gencatan senjata di Israel dan Gaza.

“Kami berkumpul sebagai seniman dan advokat, namun yang paling penting adalah sebagai manusia yang menyaksikan hilangnya nyawa dan kengerian yang terjadi di Israel dan Palestina,” tulis surat itu. “Kami meminta, sebagai Presiden Amerika Serikat, Anda menyerukan deeskalasi segera dan gencatan senjata di Gaza dan Israel sebelum ada korban jiwa lagi.”

“Saya bukan dari Israel atau Palestina. Saya bukan seorang politisi. Saya bahkan bukan pakar,” katanya. “Tetapi saya adalah seorang saksi, dan setelah menyaksikan korban jiwa akibat perang, kekerasan dan penganiayaan yang menimpa para pengungsi dari seluruh dunia, saya tidak bisa berpaling.”

Blanchett, yang merupakan duta besar Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, berbicara di hadapan majelis pada bulan November 2023 yang menyerukan gencatan senjata segera.

“Saya bukan orang Suriah. Saya bukan orang Ukraina. Saya bukan orang Yaman. Saya bukan orang Afghanistan. Saya bukan dari Sudan Selatan. Saya bukan dari Israel atau Palestina. Saya bukan seorang politisi. Saya bahkan bukan seorang pakar. Tapi saya seorang saksi,” katanya. “Konflik ini telah menimbulkan kerugian dan terus memakan korban jiwa ribuan orang yang tidak bersalah.”

Pilihan Editor: Warna Bendera Palestina jadi Fashion Statement Cate Blanchett di Festival Film Cannes 2024

THE GUARDIAN  | THE NATIONAL NEWS 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."