Jangan Tertukar, Simak Perbedaan Meditasi dan Mindfulness

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi meditasi atau mencari keheningan. shutterstock.com

Ilustrasi meditasi atau mencari keheningan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Istilah kesehatan memang kerap membingungkan, salah satunya meditasi dan mindfulness yang sering dianggap sama. Pasalnya, dua kosakata tersebut dapat selaras jika dijalani dengan konsisten.

Nah, dalam rangka memperingati Hari Meditasi Sedunia atau World Meditation Day 2024 berikut Cantika berikan rangkuman selengkapnya.

Pengertian meditasi

Meditasi merupakan praktik yang dapat membantu seseorang merasa lebih rileks dan mampu mengelola stres dengan baik. Dalam meditasi Anda akan belajar memperhatikan pengaturan pernafasan, sehingga dapat membuat pikiran menjadi lebih jernih, seperti dilansir dari mindful.org.

Ada berbagai alasan mengapa kita diminta melakukan meditasi, misalnya untuk memahami rasa sakit yang kamu rasakan, menurunkan stres, meningkatkan fokus hingga mengurangi overthinking.

Pengertian mindfulness

Mindfulness sendiri diartikan sebagai kondisi mental seseorang yang membutuhkan kesadaran penuh untuk menerima kondisi yang sedang dialaminya. Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk dapat hadir sepenuhnya. Di mana mereka menyadari posisi dan apa yang dilakukan, tidak terlalu reaktif terhadap apa yang terjadi di sekitarnya.

Mindfulness atau perhatian penuh merupakan kualitas yang sudah dimiliki setiap manusia, sehingga Anda tak harus membayangkannya. Cukup belajar cara mengaksesnya saja. Misalnya, kita kita memperhatikan kesehatan tubuh, maka kita perlu menjaga pola makan hingga jam tidur.

Nantinya, mindfulness mampu mengurangi stres, semangat, berpikir positif dan waspada ketika sedang mengalami overthinking.

Jenis meditasi

Kemudian untuk meditasi bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, tetapi ada dua jenis praktik yang paling banyak dilakukan yakni concentrative meditation (meditasi konsentratif) dan mindfulness meditation (meditasi perhatian).

Meditasi konsentratif

Meditasi melibatkan fokus perhatian pada suatu hal tertentu dan mengabaikan segala hal lain di sekitar Anda. Tujuannya, agar pusat pikiran entah itu pernapasan, kata tertentu atau mantra bisa mencapai keadaan yang lebih tinggi.

Meditasi perhatian

Mindfulness meditation mencakup mindfulness-based stress reduction (MBSR) serta mindfulness-based cognitive therapy (MBCT). MBSR merupakan pengurangan stres berbasis minfulness, sedangkan MBCT adalah terapi kognitif berbasis mindfulness.

Meditasi jenis ini menargetkan berbagai masalah yang pernah dialami manusia, seperti depresi yang fokusnya berbeda dari latihan satu ke latihan lainnya. Secara keseluruhan, mindfulness meditation akan membuat Anda terbuka, sadar dan menerima.

Jenis-jenis mindfulness

Meskipun perhatian adalah bawaan di dalam diri manusia, namun mindfulness ternyata bisa dikembangkan dengan teknik tertentu sehingga Anda bisa lebih mengenal apa kebutuhan dan aktivitas yang akan kamu jalani, lho.

Misalnya, duduk, berjalan, berdiri atau berbaring di tempat tidur. Jenis mindfulness selanjutnya, Anda dapat memberikan jeda singkat terkait isi pikiran dan kegiatan yang akan kamu jalani.

Terakhir, kita bisa mengkombinasikan mindfulness dengan aktivitas lain, seperti olahraga atau yoga bersama teman-teman. Nah, itu dia pengertian meditasi dan mindfulness serta jenis-jenisnya. Jangan sampai tertukar lagi ya Sahabat Cantika!

Pilihan Editor:  Tips Berdamai dengan Anxious Attachment Style, Mulai dari Praktik Mindfulness

MINDFUL | VERY WELL MIND

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."